SILVON Aplikasikan Cara SAMPAN Dalam Pemberdayaan Masyarakat


PONTIANAK-SAMPAN-Belum lama ini Sekolah Ide dan Leadership Volunteer (SILVON) datang ke kantor SAMPAN Kalimantan. Kedatangan mereka buat belajar program-program pemberdayaan di masyarakat yang sampai kini dilakukan SAMPAN.
Beni Tanheri  koordinator SILVON menunjuk SAMPAN sebagai tempat belajar dikarenakan sejak lama sudah mengetahui sepak terjang SAMPAN Kalimantan dalam pemberdayaan masyarakat di Bentang Pesisir Padang Tikar, Kubu Raya. 


“Kami langsung datang ke kantor SAMPAN. Volunteer Program dan Volunteer Leader belajar langsung dengan Direktur SAMPAN, Bang Dede Purwansyah,” ungkap Beni Tanheri, Minggu (27/10).
SILVON sendiri jelas Beni merupakan singkatan dari Sekolah Ide dan Leadership Volunteer. Merupakan salah satu program sosial kerelawanan yang bertujuan untuk memperkuat kapasitas Volunteer yang akan dan telah menjadi penggerak sebuah program di masyarakat.

Kegiatan SILVON terbagi menjadi 2 Kelas yaitu Kelas Inspirasi dan Kelas Teknis. Kelas Inspirasi merupakan Kelas sharing dari para praktisi berpengalaman dalam program pemberdayaan di masyarakat, khususnya bagaimana mereka mengelola program mereka dari memulai hingga mereka bisa memberikan banyak capaian manfaat di masyarakat yang menjadi sasaran mereka.  “Dengan adanya Kelas Inspirasi ini, Volunteer Program dan Volunteer Leader menjadi Terinspirasi sehingga mereka bisa semakin semangat dalam menjalankan program mereka masing-masing,” katanya.

Pada pertemuan itu, Direktur SAMPAN Kalimantan bercerita tentang bagaimana Lembaga SAMPAN yang telah terbentuk sejak 2009 melakukan proses pendampingan di masyarakat tepian pantai di kawasan Kubu Raya dan hingga kini telah berhasil membantu membangun ekonomi masyarakat. 
Kemudian SAMPAN juga ikut menjaga kelestarian lingkungan. Mulai dari membangun kelompok yang mengelola madu kelulut hingga produk-produk lainnya seperti kopi gambut, membudidayakan kepiting,  meningkatkan kualitas arang kelapa,  hingga pengelolaan usaha jasa lingkungan di masyarakat. 
Di lapangan banyak tantangan mereka hadapi,  namun berkat semangat, belajar dan tim yang kuat mereka terus bergerak hingga sekarang. 
Dari informasi yang didapat di SAMPAN menjelaskan bahwa dalam membangun masyarakat ditahap awal yang penting adalah Pengorganisasian hingga penguatan lembaga masyarakat. “Yang akan kami tiru adalah bagaimana proses yang telah dilakukan lembaga SAMPAN dalam melakukan kegiatan pemberdayaan di masyarakat tapi tentunya disesuaikam juga dengan sumber daya kami,” katanya.(ma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *