SAMPAN dan Masyarakat Dampingan Bakal Kembangkan Produk Turunan Madu


PONTIANAK-SAMPAN-SAMPAN Kalimantan bakal mendampingi masyarakat Bentang Pesisir Padang Tikar Desa Nipah Panjang, Kabupaten Kubu Raya dalam pengembangan produk turunan madu. Hal tersebut disampaikan Direktur SAMPAN Kalimantan Dede Purwansyah usai menemani perwakilan kawan-kawan peternak madu melunasi pinjaman lunak dari Badan Layanan Umum (BLU) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
“Alhamdulillah, 6 orang kawan-kawan peternak madu yang diberi pinjaman lunak dari BLU kini mampu melunasi pinjamannya. Artinya pengembangan madu dan pasarnya berhasil. Perlahan kini mereka sudah bisa menikmati hasil,” kata Dede Jumat (27/12).
Dia melihat potensi penjualan madu, baik jenis lebah dan kelulut di Bentang Pesisir Padang Tikar begitu menjanjikan. Secara perlahan, madu tersebut juga mulai dikenal oleh masyarakat Kalbar. Apa yang dilakukan SAMPAN ini, merupakan kerja bersama untuk mendukung program Perhutanan Sosial secara konkrit pasca terbitnya SK hak Pengelolaan Hutan Desa.
Melihat terus berkembangnya dan terbukanya pasar madu asal Bentang Pesisir Padang Tikar, ke depan pihaknya akan terus melakukan berbagai inovasi.
Artinya apa yang dilakukan tidak hanya sekadar melakukan pelunasan pinjaman. Karena rencana SAMPAN bersama pihak desa akan melakukan pengembangan dengan membuat produk turunan madu. “Ke depan tidak hanya jual madu mentah, tapi akan ada produk turunan berbahan dasar madu,” ungkapnya optimis.(ma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *