Rajungan Desa Sungai Besar Tambah Penghasilan Ibu-ibu Setempat

KUBU RAYA-SAMPAN-Melimpahnya Sumber Alam rajungan di Desa Sungai Besar, Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya berdampak positif bagi ibu-ibu setempat. Pengelola daging rajungan memberdayakan ibu-ibu setempat sebagai pengupas cangkang rajungan.
“Rajungan di sini (Desa Sungai Besar) melimpah. Saya menggunakan tenaga ibu-ibu setempat untuk membantu mengupas cangkang rajungan,” kata pengelola daging rajungan, Ibrahim (3/11).
Di sini (Sungai Besar) pengelola daging rajungan ada lima mini plant. 
Jika tengah musim rajungan, tenaga ibu-ibu pengupas cangkang rajungan bisa mencapai seratusan orang. Dimana masing-masing pengelolaan memberdayakan sekitar 30 an orang ibu-ibu. “Tapi sekarang belum musimnya. Tenaga yang digunakan palingan 10-15 orang,” ungkapnya.

Tugas pengupas rajungan mengupas cangkang dan memisah-misahkan menjadi delapan bagian. Yaitu di jepitnya tiga jenis, jari rajungan dua jenis dan di badan rajungan tiga jenis.
Upah pengupas rajungan dijelaskan dia hitungannya menggunakan kilogram. Jika pengupas mampu mengupas hingga sekilo rajungan, maka diberikan Rp 20 ribu. 
Ditanya harga sekilo rajungan saat ini berkisar di angka Rp 180 ribu sekilo. Hasil rajungan ini kata dia akan dikirimkan ke Pula Jawa. Melihat potensi rajungan, ke depan dia ingin Pemerintah dapat memperhatikan para pengelola rajungan. Tujuannya agar usaha ini bisa semakin besar. Apabila semakin maju, tentu akan banyak tenaga pengupas rajungan diperlukan.(ma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *