Potensi Kepiting di Kubu Raya Mesti Dikembangkan SOPD Mesti Buat Program Sesuai Kebutuhan Pasar

 
PONTIANAK-SAMPAN-Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji memandang potensi kepiting di Kabupaten Kubu Raya, tepatnya di Padang Tikar, Terentang hingga Batu Ampar bila dikembangkan serius  bakal mampu menjadi pusat sentra kepiting. Agar tepat sasaran, dalam waktu dekat dia akan melihat program dari SOPD yang berkenaan dengan pengembangan kepiting. 
 
“Pembenihan kepiting sudah mulai dicoba di Kabupaten Kubu Raya. Saya lihat potensi kepiting ini luar biasa. Ke depan saya mau lihat program OPD nya, tahu tidak yang jadi kebutuhan. Jangan buat program yang tak dibutuhkan pasar,” kata Sutarmidji, (19/6).
 
Kepiting kata Sutarmidji bila dikembangkan sangat potensial. Keberadaan kepiting ini diketahui dia banyak di daerah Padang Tikar sampai Batu Ampar, Kubu Raya. 
 
Setahu dia, dalam aturan penjualan kepiting, secara khusus ada di Kementerian Kelautan dan Perikanan. Pastinya dalam alur penjualan juga mesti ikuti aturan.
 
Sebelumnya, aktivis SAMPAN Kalimantan, Beni memandang aturan Kementerian Kelautan dan Perikanan tentang larangan penjualan ekspor komoditas kepiting telur sedikit banyak akan mempengaruhi kelangsungan perkembangan budaya pembenihan kepiting. Agar senada perlu koordinasi lintas kementerian guna membahas persoalan ini.
 
Menurut Beni saat ini, pembenihan kepiting sudah mulai dilakukan di Kabupaten Kubu Raya. Apabila ke depan ini semakin besar maka pasarnya juga mesti dipikirkan.
 
Namun dalam aturan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan melarang menjual kepiting betina dengan prasyarat ditentukan sedikit banyak bakal mempengaruhi tempat budidaya pembenihan kepiting ini. Agar semuanya selaras, dibutuhkan sinergi antar Kementerian guna membahas persoalan ini.(ma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *