Pencairan Tahap ke Dua 102 Pembudidaya Kepiting Kembali Terima Pinjaman Lunak


PONTIANAK-SAMPAN-SAMPAN Kalimantan kembali memfasilitasi Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) budidaya kepiting bakau buat pencairan pinjaman tahap ke dua di Bank BRI Gajah Mada Pontianak, Senin (23/12). Pinjaman tersebut rencananya akan digunakan buat pembangunan keramba tahap dua dan perawatan dalam pengembangan dan pengisian benih kepiting.
“Arahan Gubernur, Bupati dan Polda tentang pengelolaan budidaya kepiting saat panen raya kepiting di Batu Ampar lalu langsung kami tindaklanjuti. Hari ini (Senin) saya menemani KUPS budidaya kepiting datang ke Bank BRI buat eksekusi pencarian,” kata Direktur SAMPAN Kalimantan Dede Purwansyah, Senin (23/12).
Pencairan kali ini untuk KUPS kepiting bakau Batu Ampar II dan Seruat II. Dari datanya, total pencairan tahap ke dua ini diberikan ke 102 orang anggota KUPS sebesar Rp 40 juta.
Dengan adanya tambahan pinjaman lunak ini, Dede optimis kawan-kawan KUPS Budidaya Kepiting ke depan akan semakin maju.
Apalagi kedatangan Gubernur Kalbar belum lama ini, membuat kawan-kawan KUPS budidaya kepiting begitu semangat. Penjualan kepiting saat panen raya juga bagus. Mencapai hampir dua ton.
Dia optimis sisa kepiting yang ada di tempat budidaya, di awal 2020 akan habis. Dengan tersedianya pasar bagi pembudidaya kepiting, maka apa yang dilakukan ini akan terus berkelanjutan. Dengan demikian potensi kepiting di sana akan mampu menjadi pendongkrak ekonomi masyarakat setempat.(ma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *