Panen Raya Kepiting Batu Ampar Direspon Positif Gubernur Kalbar


PONTIANAK-SAMPAN-Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji merespon positif prihal rencana pelaksanaan panen raya kepiting yang akan dilaksanakan di Desa Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya pertengahan Desember mendatang. Tanggapan positif itu dikatakan Direktur SAMPAN Kalimantan, Dede Purwansyah usai berdiskusi dengan Gubernur Kalbar belum lama ini.
“Secara keseluruhan Gubernur Kalbar menyetujui dan mendukung rencana kegiatan panen raya kepiting di Desa Batu Ampar ini. Bahkan dari pembicaraan kemarin, beliau mau ikut hadir saat panen raya,” ungkap Dede, Kamis (21/11).
Dijelaskan dia, acara panen raya kepiting ini merupakan buah dari hasil kerja keras kawan-kawan desa yang melakukan budidaya penggemukan kepiting. Sebelum budidaya dilakukan, kawan-kawan perwakilan di Desa Bentang Pesisir Padang Tikar ini terlebih dulu pelatihan penggemukan dan pembesaran kepiting di Bali 2017 lalu. 
Perwakilan yang ikut pelatihan yaitu, Desa Nipah Panjang, Tanjung Harapan, Seruat II, Dabung, Sungai Nibung, Batu Ampar dan Desa Tasik Malaya.
Ilmu tersebut kemudian dikembangkan di desa masing-masing. Al hasil sejak Mei 2019 lalu di tambak kelompok usaha budidaya kepiting Bentang Pesisir Padang Tikar, sudah dilakukan pemanenan berjangka hingga Oktober 2019, sebanyak 300 kilogram berasal dari tiga lokasi, yaitu dua di Desa Batu Ampar dan satunya lagi di Desa Seruat II.
Prediksi dia, panen raya seluruh kelompok akan jatuh di Desemeber ini dengan perkiraan jumlah kepiting mencapai empat ton lebih. 
Semua kata Dede sudah diceritakan pada gubernur. Selain ditanggapi positif, dia juga meminta kepada SAMPAN Kalimantan untuk terus melakukan inovasi dalam pendampingan desa. “Beliau juga mau datang pada panen raya nanti,” tandasnya.(ma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *