Monitor Program Pinjaman Lunak Program Pembangunan Persos

 
 
KUBU RAYA-SAMPAN-Tim Monev program pinjaman lunak,  BLU P3H KLHK dan SAMPAN Kalimantan, bersama inspektorat belum lama ini melakukan trip lapangan ke lokasi kegiatan pengembangan usaha Perhutanan Sosial (Persos) Hutan Desa Bentang Pesisir Padang Tikar dan Dabung-Tanjung Bunga Kabupaten Kubu Raya. Agenda pemeriksaan pembangunan, penggunaan anggaran dan persiapan produksi jadi agendanya. 
 
“Belum lama ini kami (SAMPAN) bersama Tim monev program pinjaman lunak, BLU P3H KLHK bersama Inspektorat melakukan pemantauan ke lokasi kegiatan pengembangan usaha perhutanan sosial Hutan Desa di BPPT,” kata Direktur SAMPAN Kalimantan, Dede Purwansyah.
 
Pantauan yang dilakukan sebagai tindak lanjut program yang sudah dilakukan oleh desa yang telah ditetapkan sebagai Hutan Desa.
 
Bersama pihak terkait, SDA hasil hutan bukan kayu kata Dede saat ini utamanya di Hutan Desa sudah mulai dikembangkan. Seperti Silvofishery Pembudidaya Kepiting Bakau Seruat 2, kepiting bakau Batu Ampar 1 dan 2, KUPS Pembudidayaan Madu Hutan Nipah Panjang dan pemonitoran pembangunan hatchery yang menjadi suport KNJ di Desa Medan Mas.
 
Pantauan Dede dari pemonitoran tersebut semua sudah mulai berjalan. Mudah-mudahan program Hutan Desa ditiap desa ke depan dapat terus berkembang.
 
Dengan memiliki hasil hutan bukan kayu di Hutan Desa ke depan diyakini program perhutanan sosial KLHK dengan skema Hutan Desa dapat semakin mensejahterakan masyarakat. “Semuanya perlu kerja keras dan keseriusan,” tandasnya.(ma)
 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *