Menuju Pemberdayaan Hutan Raya Pandan Puloh


PONTIANAK-SAMPAN-Perwakilan SAMPAN Kalimantan ikut hadir dalam lokakarya penyusunan rencana pemberdayaan masyarakat disekitar kawasan Taman Hutan Raya Pandan Puloh, Kamis (3/10) bersama Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat, bertempat di Hotel Kapuas Dharma.
“Pasca keluarnya SK Tahura Pandan Puloh, penyusunan rencana ini menjadi tindak lanjut yang sangat diharapkan memberikan peluang pengelolaan dan pengembangan kawasan oleh masyarakat sekitar,” kata perwakilan SAMPAN Kalimantan, Vincensius.
Pandangan dia, dalam Tahura Pandan Puloh pengembangan HHBK dan jasa lingkungan menjadi sektor pengelolaan yang utama, dimana potensi wisata dan HHBK sangat baik dan jika dikelola dengan baik akan memberikan peluang peningkatan alternatif ekonomi masyarakat.
SAMPAN melalui The Asia Foundation terus berupaya mendukung pengelolaan dan perencanaan pemberdayaan masyarakat di kawasan Tahura ini. Melalui kegiatan bersama diharapkan berbagai pihak-pihak terkait dapat terus mendukung dan bekerjasama dalam pengembangan masyarakat di sekitar kawasan Tahura.
Dalam kegiatan itu ada banyak pembahasan dilakukan. Salah satunya membahas arah kebijakan pembangunan kehutanan dalam mendukung visi dan misi Gubernur Kalbar. “Kaitan dengan Desa Mandiri dalam rangka peningkatan IDM juga dibahas dalam kegiatan ini,” tandasnya.(ma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *