Masyarakat Desa Umpang, Lirik Potensi Budidaya Madu Kelulut


KALTENG-SAMPAN-Perwakilan SAMPAN Kalimantan pada pertengahan September lalu memberikan pelatihan budidaya madu Kelulut pada 40 peserta perwakilan Desa Umpang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kota Waringin Barat, Kalimantan Tengah. Tujuan kegiatan ini guna memberikan gambaran secara umum terkait pola budidaya lebah madu kelulut dan peluang pengembangan budidaya kelulut sebagai alternatif peningkatan ekonomi masyarakat.
“Belum lama ini kami (Perwakilan SAMPAN) memberikan pelatihan madu kelulut pada perakitan masyarakat Desa Umpang, Kalteng. Ada 40 an warga yang ikut serta. Semuanya antusias,” ungkap Tim pelatihan madu kelulut perwakilan SAMPAN Kalimantan, Vincensius (1/10).
Metode Pelaksanaan KegiatanSosialisasi dan pelatihan budidaya madu kelulut ini dilaksanakan dengan diskusi bersama dan pemaparan materi. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan berpraktek dan berdiksusi di lokasi pembudidayan milik kelompok. Kata Vincen, metode pemaparan dan sharing dimulai dari cara membudidayakan, manfaat dan kegunaan madu kelulut, peluang pasar pengembangan madu kelulut, tantangan pengembangan budidaya madu kelulut, praktek pengecekan dan perawatan kotak budidaya, praktek pemindahan madu kelulut, dan penyusunan rencana tindak lanjut budidaya madu kelulut.  
Masyarakat Desa Umpang sangat antusias dalam kegiatan pelatihan budidaya lebah kelulut ini. Hal ini dikarenakan masyarakat sangat terbatas dalam informasi dan upaya untuk meningkatan perkenomian. Budidaya lebah kelulut ini menjadi salah satu alternatif yang dibutuhkan masyarakat, mengingat usaha ini masih dapat dilaksanakan. Selain kondisi sarang kelulut yang masih cukup banyak, setelah adanya pelatihan dan diskusi ini, masyarakat menjadi semakin terbuka pikirannya untuk perencanaan pengembangannya. 
Harapan dari tim SAMPAN yaitu sosialisasi tentang budidaya kelulut ini dapat menjadi alternatif yang dapat dikembangkan oleh masyarakat, hal ini didasarkan pada proses budidaya yang terbilang tidak terlalu sulit, dan juga potensinya masih terbilang cukup baik untuk Desa Umpang dan sekitarnya. Besar harapan juga terus dilakukan perencanaan pengembangan dan rencana tindak lanjut agar kegiatan budidaya ini dapat dilaksanakan oleh kelompok dan masyarakat.(ma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *