Kubu Raya Bakal Jadi Pioner Budidaya Kepiting

 
KUBU RAYA-SAMPAN-Direktur SAMPAN Kalimantan Dede Purwansyah berharap semua pihak bisa bersinergi dalam mensukseskan pengembangan komoditas budidaya kepiting yang kini telah dilakukan di Kabupaten Kubu Raya. Bila itu berjalan maka Kubu Raya bisa menjadi pemula pertama dalam budidaya kepiting di Kalbar.
 
“Kami terus berupaya mensukseskan pengembangan budidaya kepiting yang sudah dilakukan dibeberapa Desa di Bentang Pesisir Padang Tikar.  Kabar terbarunya sekarang SAMPAN bersama PT KNJ dengan dukungan dari IDH terus berupaya mendorong budidaya kepiting ini agar bisa mendapat perhatian khusus pemerintah,” kata Dede Kamis (1/8).
 
Dorongan SAMPAN salah satunya adalah soal kepastian akan benih tidak dari alam. Ini menjadi salah satu tantangan dan perlu campur tangan pemerintah. Utamanya bagaimana bisa melakukan budidaya kepiting yang berkelanjutan tanpa melanggar aturan berlaku.
 
Oleh karenanya mesti ada perhatian khusus dari OPD terkait. Dede melanjutkan kunjungan DKP Provinsi Kalbar baru-baru ini telah melihat budidaya kepiting bakau di Desa Medan Mas.
 
Dari hasil tinjauan tersebut harapan Dede muncul respon positif dari pemerintah dengan realisasinya perhatian dapat diberikan dalam mensuskseskan program ini.
 
Area dalam pembudidayaan kepiting kata dia juga aman dengan pengelolaan oleh masyarakat melalui SK HPHD. 
 
Setelah SK tersebut digenggam, tentunya masyarakat menaruh harapan besar untuk budidaya kepiting bisa maju sehingga ke depannya mampu menjadi alternatif pencarian ekonomi masyarakat setempat. “SAMPAN berharap semua bisa saling sinergi dalam pengembangan komoditas pesisir ini. Kerjasama dengan pihak swasta yakni PT KNJ diharapakan juga terus berlanjut,” tandasnya.(ma)
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *