Dorong Terbitnya Izin HPHD


PONTIANAK-SAMPAN-Pasca ajuan izin Hak Pengelolaan Hutan Desa (HD) di beberapa desa, pengaju skema HD yang difasilitasi oleh SAMPAN, masyarakat bersama LPHD dan perangkat desa terus melakukan upaya  mendorong terbitnya izin HPHD yang akan memberikan peluang masyarakat dalam mengelola hutan dan lahan di wilayahnya secara berkelanjutan. 
Perkembangan ajuan desa-desa tersebut telah sampai pada tahap verifikasi teknis oleh Tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan beberapa waktu yang lalu. Namun hingga saat ini izin HPHD yang diajukan oleh LPHD dan masyarakat belum diperoleh oleh masyarakat. Salah satu penyebabnya, yaitu kawasan ajuan Hutan Desa masyarakat berada dalam kawasan gambut, yang dimana belum dapat dikelola masyarakat.
Aktivis SAMPAN Kalimantan Vincensius mengatakan, terkait upaya yang dilakukan masyarakat, LPHD dan masyarakat sebenarnya telah melakukan diskusi dan telah membangun kesepakatan untuk mengelola lahan gambutnya secara lestari dan berkelanjutan. 
Salah satunya yaitu di Desa Pasir Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah yang diajukan seluas 2.542 Ha dan berada dalam kawasan fungsi gambut. Untuk mendorong hal tersebut, masyarakat bersama LPHD dan pemerintah desa telah membuat kesepakatan pengelolaan lahan gambut secara lestari melalui skema Hutan Desa dan telah dikirimi surat kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait perkembangan izin yang diajukan.
“Izin HPHd ini menjadi kebutuhan masyarakat dan masyarakat melalui LPHD terus mengupayakan agar segera terbit izin tersebut,” katanya. 
Beranjak dari hal tersebut, SAMPAN Kalimantan bersama CSO dan mitra  juga terus mendorong agar segera keluarnya izin pengelolaan lahan di Kawasan gambut melalui skema PS.(ma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *