Dorong Pengelolaan Perkebunan Sawit Berkelanjutan


PONTIANAK-SAMPAN-Perwakilan SAMPAN Kalimantan ikut serta pada kegiatan seminar dan lokakarya mendorong pengelolaan perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan di Kalimantan Barat, yang diselenggarakan oleh Lembaga Pemberdayaan Pergerakan Rakyat (ELPAGAR), 27-28 Januari 2020 bertempat di Hotel Golden Tulip. 
Perwakilan SAMPAN Kalimantan Vincensius mengatakan, ada dua topik pembahasan pada kegiatan seminar lokakarya ini. 
Pertama konsolidasi masyarakat sipil analisis kritis inpres nomor 6 tahun 2019 tentang rencana aksi Nasional perkebunan kelapa sawit berkelanjutan 2019-2024 dan seminar lokakarya mendorong pengelolaan perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan di Kalbar.
Dijelaskan dia, dalam upaya perbaikan tata kelola sektor perkebunan kelapa sawit, pemerintah telah mengeluarkan Inpres nomor 8 tahun 2018 tentang penundaan dan evaluasi perizinan perkebunan sawit serta peningkatan produktivitas perkebunan kelapa sawit.  
Pada tingkat provinsi lanjut dia, Gubernur Sutarmidji nyata menunjukkan komitmen malaksanakan inpres ini dengan mengeluarkan surat pembinaan dan pengawasan pemberian izin usaha perkebunan tertanggal 21 Maret 2019 yang ditujukan pada bupati dan Wali Kota se Kalbar. 
Itu menandakan bahwa keseriusan pemerintah dalam pengelolaan kelapa sawit tak lepas dari strategisnya hasil sektor ini baik secara nasional maupun internasional pada masa yang akan datang. Dan Kalbar sebagai salah satu daerah penghasil CPO terbesar di Indonesia turut berbenah memperbaiki tata kelola perkebunan sawit ini selain memenuhi tuntutan pasar juga untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat.(ma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *