Warga Desa BPPT Antusias Ikuti Lanjutan Latihan SID

KUBU RAYA-SAMPAN-SAMPAN Kalimantan melakukan kegiatan tindak lanjut pelatihan pembuatan blog untuk informasi desa yang bertempat di kantor Desa Medan Mas, Rabu (23/5). Pesertanya merupakan perwakilan dari 10 desa Bentang Pesisir Padang Tikar yang mengikuti pelatihan Sistem Informasi Desa berbasis web untuk pengamanan gambut dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang dilakukan di Hotel Kartika Pontianak, belum lama ini.

“Kegiatan asistensi pelatihan pembuatan blog informasi di Desa Medan Mas ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan pelatihan SID yang dilakukan di Pontianak beberapa waktu lalu,” terang anggota SAMPAN Kalimantan, Adariu.

Dijelaskan dia, dalam pelatihan lanjutan ini, diikuti 10 perwakilan desa Bentang Pesisir Padang Tikar dengan fokus pembuatan blog informasi desa.

Peserta yang terlibat kata dia adalah alumni peserta pelatihan web beserta staf desa yang mengikuti pelatihan di Pontianak beberapa waktu lalu.

Pantauan dia selama pelatihan, peserta begitu antusias. Dengan besarnya keingin tahuan masyarakat untuk pengembangan SID berbasis web di desanya menurut dia merupakan satu hal positif.

Jika semua sudah mengetahui bahwa SID itu penting bagi desa masing-masing, diyakini dia ke depan masyarakat desa dapat mengelola web nya secara mandiri.

Untuk mewujudkan ini kata Adariu memang tak mudah. Kendalanya, sebagian desa masih belum memiliki akses internet. Contohnya saat praktek pembuatan blog, mesti berbagi sinyal internet melalui android peserta.

Tapi secara keseluruhan, tak ada masalah berarti. Kalaupun blognya sudah jadi, pengisian pembaruan tentang informasi dapat dilakukan di daerah yang memiliki sinyal internet. “Intinya ada kemauan dulu dari warga, dan mereka harus paham dulu bahwa SID untuk kepentingan desa ini penting. Makanya pelatihan ini dilakukan berkelanjutan guna tujuannya untuk mengetahui sejauh mana progres dari pelatihan pertama,” tutupnya.(ma)  

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.