Cristiandy Sanjaya Wakil Gubernur Kalbar Apresisi Kepada SAMPAN dalam mempromosikan Produk Khas dan Madu Mangrove dan Madu Hutan Rawa Gambut Kubu Raya. SAMPAN 2016

Cristiandy Sanjaya Wakil Gubernur Kalbar Apresisi Kepada SAMPAN dalam mempromosikan Produk Khas dan Madu Mangrove dan Madu Hutan Rawa Gambut Kubu Raya. SAMPAN 2016

SAMPAN Kalimantan-Jakarta (17/12/2016) Wakil Gubernur Kalbar Christiandy Sanjaya mengapresiasi Lembaga SAMPAN KALIMANTAN yang telah memperkenalkan berbagai produk hasil karya masyarakat Kalimantan Barat, terutama  yang berdomisili di sekitar kawasan lahan gambut. Apresiasi ini diutarakan Christiandi Sanjaya saat mengunjungi stand pameran Lembaga SAMPAN Kalimantan dalam acara Simposium Internasional menuju Aksi Restorasi Lahan Gambut di Indosnesia. “Saya mendukung Lembaga SAMPAN KALIMANTAN yang telah memperkenalkan berbagai produk masyarakat Kalimantan Barat, sehingga kedepannya peroduk masyarakat Kalimantan Barat dapat dikenal ditingkat nasional dan bahkan internasional, karena peserta acara Simposium ini juga dihadiri oleh berbagai Negara” puji Christiandy Sanjaya kepada Bambang selaku penjaga stand pameran Lembaga SAMPAN KALIMANTAN.

Berbagai produk yang dipamerkan merupakan hasil olahan masyarakat terutama madu alam yang berasal dari wilayah gambut Hutan Desa KHG Pulau Padang Tikar Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya. Pameran yang berlangsung pada 15-16 Desember 2016 di Hotel Borobudur Jakarta merupakan bagian dari acara International Symposium “Towards National Scale Integrated Peatland Restoration Action”. Selain memperkenalkan berbagai produk olahan dari Hasil Hutan Bukan Kayu berupa kerajinan, juga menampilkan produk unggulan madu hutan dari Kalimantan Barat. Kegiatan ini juga mengikut sertakan perwakilan masyarakat yang terlibat langsung dikawasan Gambut Bentang Pesisir Padang Tikar sebagai wujud partsipati aktif masyarakat dalam mengelola gambut.

Tidak luput dari perhatian SAMPAN Kalimantan bersama masyarakat Bentang Pesisir Padang Tikar menonjolkan madu alam dan produk olahan dari Hutan Gambut Bentang Pesisir Padang Tikar. Stand pameran Lembaga SAMPAN KALIMANTAN banyak dikunjungi peserta yang berasal dari luar negeri dan Pengunjung Hotel Borobudur  yang sebagian besar adalah turis. Mereka tertarik untuk mencicipi produk asli hutan gambut terutama madu alam, bahkan ada yang membelinya.

Effendi salah satu masyarakat Bentang Pesisir Padang Tikar tidak menyangka jika madu alam daerah mereka mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak termasuk Wakil Gubernur Kalbar. “Saya terkejut pengunjung sangat banyak dan bahkan produk madu kami yang paling dicari” ungkap Efendi. Hal ini menjadi motivasi yang begitu tinggi bagi Efendi bersama masyarakat didaerahnya untuk lebih menjaga dan melestarikan alam hutan mangrove dan hutan rawa gambut. (be)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.