Wakil Bupati Kubu Raya Mengunjungi Lokasi Pengembangan Kepiting Bakau di Desa Nipah Panjang & Batu Ampar

KUBU RAYA, sampankalimantan.org – Sebagai bagian dari recana pembangunan pembenihan Kepiting Bakau guna meningkatkan produktifitas Kepiting Bakau budidaya di Bentang Pesisir Padang Tikar, SAMPAN Kalimantan yang didukung oleh Yayasan Inisiatif Dagang Hijau (IDH), bersama Wakil Bupati Kubu Raya, Kepala BBPBAP Jepara serta para dinas-dinas terkait, melakukan kunjungan lapangan ke lokasi pembangunan pembenihan Kepiting Bakau di Desa Nipah Panjang dan Desa Batu Ampar.

Rombongan mengunjungi lokasi Pembesaran dan Penggemukan Kepiting di Desa Nipah Panjang. Di lokasi tersebut Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus bersama rombongan berdiskusi dengan Sukur, salah satu petani kepiting. Sukur mengungkapkan, selama ini kebutuhan bibit, masih mengandalkan bibit alam. “Kami sangat tergantung pada bibit alam, sehingga kalau kebutuhan banyak kita agak kewalahan dalam penyediaannya,” ujar Sukur.

Berkenaan dengan hal itu, Dede Purwansyah, Direktur SAMPAN Kalimantan, mengatakan bahwa kebutuhan pembibitan Kepiting bakau  ini sangat penting dan mendesak bagi keberlanjutan program pengembangan budidaya Kepiting bakau di wilayah ini. “Kebutuhan akan bibit yang begitu banyak, produksi bibit alam tidak akan mampu memenuhi kebutuhan bibit sehingga pembangunan pembenihan/pembibitan kepiting mutlak diperlukan,” tegas Dede.

Di lain pihak, Hermanus selaku Wakil Bupati Kubu Raya, mengatakan bahwa kami selaku pemerintah Kabupaten menyambut baik kerjasama kolaborasi ini, sehingga dengan adanya kerjasama ini, menjadi landasan dalam rencana pengembangan pembibitan Kepiting Bakau di Bentang Pesisir Padang Tikar ini. “Dengan begitu diharapkan dengan adanya pembibitan kepiting ini, kebutuhan bibit dapat tercukupi dan diharapkan pendapatan masyarakat meningkat, masyarakat sejahtera,” tambah Hermanus.

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.