_DSC0212KUBU RAYA-SAMPAN- Purnomo peserta pelatihan gula nipah atas inisiasi SAMPAN Kalimantan, 12-15 Januari 2017, di Desa Sumber Agung, Kabupaten Kubu Raya, menilai kegiatan pengenalan nipah sangat bermanfaat bagi dirinya. Menurutnya dengan pelatihan ini dapat membuka pemikiran masyarakat untuk mengembangkan nipah sebagai tanaman penunjang perekonomian warga desa.

“Setelah ikut pelatihan gula nipah, saya baru sadar bahwa ada potensi yang dapat dibudidaya untuk menambah hasil pendapatan masyarakat,” ucap peserta asal Desa Batu Ampar, kepada SAMPAN”

Usai pelatihan ini, ia akan mengajak masyarakat mengelola nipah dengan tujuan pemenuhan peningkatan ekonomi masyarakat ke depan bisa diwujudkan. Saat ini sebagian masyarakat desa belum begitu paham dengan fungsi tanaman nipah. Ilmu yang ia dapat ini secepatnya akan di transfer kepada warga desa.

“Saya harap, apa yang didapat bisa membantu dan membangkitkan masyarakat terkait potensi mangrove yang ada dan dimanfaatkan secara Lestari. Kami juga menginginkan SAMPAN  memberi dampingan kepada kami atau kelompok yang dibentuk nantinya mulai dari pengolahan hingga pemasaran hasil nipah ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Deputi Direktur Sampan Kalimantan, Deny Nurdwiansyah menjelaskan, dalam kegiatan ini pesertanya merupakan perwakilan dari 7 desa Kabupaten Kubu Raya. Diantaranya Desa Sumber Agung, Batu Ampar, Kubu, Dabong, Tanjung Harapan, Muara Tiga dan Kerawang. “Pelatihan sendiri bertempat di Desa Sumber Agung, 12-15 Januari 2017 lalu. Selain menggali potensi nipah, kita juga mengajak masyarakat melestarikan hutan mangrove untuk kesejahteraan masyarakat di landscape Kubu,” ujarnya.

Total peserta dari 7 desa berjumlah 21 orang. Dalam pelatihan ini selain diajarkan membuat gula nipah, peserta juga diajarkan pemotongan buah nipah, penyadapan air sampai pembuatan gula merah dari buah nipah.

Dia berharap usai pelatihan ini pengetahuan masyarakat setempat tentang pengolahan buah nipah semakin baik. Tentu salah satu tujuan yang ingin dicapai pentolan Sampan itu adalah kesejahteraan ekonomi masyarakat khususnya di landscape Kubu Raya meningkat salah satunya melalui tanaman nipah.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.