PONTIANAK-SAMPAN-Kementerian Desa (Kemendes) memberi bantuan kapal melalui BPMPD (Pemdes) Kabupaten Kubu Raya. Bantuan kapal itu nantinya akan digunakan bersama oleh beberapa desa diantaranya Desa Sumber Agung, Nipah Panjang, Sungai Jawi, Tanjung Harapan Kecamatan Batu Ampar. Aktivis SAMPAN Kalimantan, Beny berharap bantuan kapal itu dapat dipergunakan masyarakat semaksimal mungkin dan berkat kapal itu bisa menjadi pelopor kesejahteraan masyarakat pedesaan.

Foto Sampan Kalimantan.
Gambar. Ilustrasi Model Kapal yang akan di Kelola Lima Desa Kec. Batu Ampar. SAMPAN 2016

“Akhir Desember Kementerian Desa memberikan satu unit kapal yang akan digunakan bersama oleh lima desa di Kecamatan Batu Ampar. Kapal yang diserahkan itu lengkap dengan peralatan tangkap ikan dan penyimpan ikan,” ungkapnya belum lama ini.

Dijelaskan dia, dengan penyerahan kapal ini kepada perwakilan desa ke depan dapat memudahkan masyarakat untuk menangkap ikan dengan hasil yang lebih banyak. Karena peralatan di dalam kapal dan spesifikasi kapal dirasa akan mampu menjangkau di wilayah-wilayah jauh. “Kapal ini enam silinder. Daya jangkaunya akan lebih jauh. Dan untuk membawa hasil tangkapan juga lebih banyak,” ungkapnya.

SAMPAN Kalimantan tentu mengapresiasi Kementerian Desa. Adanya Bumdes tingkat desa kata dia dinilai berjalan. Dengan adanya kapal ini dapat merubah taraf hidup masyarakat selama ini. Mudah-mudahan setelah kapal ini di operasikan, semua peralatan dapat digunakan se optimal mungkin.

Penekanan justru dilayangkan Beni kepada Kementerian Perikanan. “Kenapa Kementerian Perikanan tak memberi program-program seperti ini untuk nelayan. Bagi nelayan fasilitas dan alat tangkap ikan jadi utama. Kemendes yang baru saja bisa bergerak,” tanya dia.

Ketika ditanyakan cara pengoperasian kapal tersebut, Beny menjelaskan saat ini beberapa desa yang ditunjuk untuk mengelola kapal secara bersama akan mengadakan kesepakatan. “Yang saya dengar memang belum ada kesepakatan bagaimana pengoperasiannya. Tapi kesepakatannya nanti tiap kapal akan dipakai bergilir enam bulan sekali. Tapi persetujuan ini belum Mou,” tutupnya.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.