Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir DKP Gelontorkkan Program Pengelolaan Kawasan Konservasi Pengairan Daerah

PONTIANAK-SAMPAN-Selasa (26/2) perwakilan SAMPAN Kalimantan ikut serta dalam rapat pembahasan rencana kemitraan bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat dalam pengelolaan Kawasan Konservasi Pengairan Daerah. Usai dari kegiatan tersebut, diharap ada tindak lanjut dengan realisasi program di lapangan.
 
“Kami (SAMPAN) ikut serta dalam pembahasan rencana kemitraan bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Kalbar. Fokus pembahasan tentang pengelolaan kawasan konservasi pengairan daerah,” ungkap perwakilan SAMPAN Kalimantan, Beni, Kamis (28/2).
 
Beni memandang pembahasan bersama DKP Kalbar tentang kawasan konservasi pengairan daerah, senada dengan yang sudah dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam program perhutanan sosial.
 
Dari pembahasan itu, kata dia juga turut hadir tim pengelola rencana zonasi wilayah pesisir. Beni memandang, konteks rencana tata kelola pesisir buat mendorong wilayah konservasi terkait tata ruang perairan tak hanya perlindungan pada hewan dan biota laut saja. Namun utamanya adalah bagaimana masyarakat bisa mendapat peningkatan ekonomi dari sana tanpa merusak alamnya.
 
Dari perbincangan itu, KKP juga membuka peluang kemitraan membangun kerjasama untuk mendorong program sektor budidaya konservsi dan pengelola zonasi dengan melibatkan CSO dan akademisi.
 
Dalam kesempatan itu, berbagai perwakilan kemitraan termasuk SAMPAN yang diundang telah memaparkan tentang apa yang sudah dilakukan di desa dampingan wilayah pesisir. “Setelah paparan ini tentu kami menunggu tindaklanjut rencana DKP bersama BPSPL mengenai kesepakatan yang telah dibuat ini,” terangnya.
 
Menurutnya program tawaran KKP merupakan peluang bagi masyarakat pesisir. Mereka bisa mendapat akses program sama seperti program KLHK melalui skema perhutanan sosialnya. “Ini peluang bagi kawan-kawan nelayan karena bisa meningkatkan kesejahteraan melalui pengelolaan berbasis konservasi,” “Kamipun (SAMPAN) menyambut baik maksud program DKP ini,” tandasnya.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.