Tindaklanjut Ajuan HD Nanga Sebintang

KAPUAS HULU-SAMPAN-Ajuan Hutan Desa Nanga Sebintang, Kecamatan Kalis, Kabupaten Kapuas Hulu kembali ditindaklanjuti. Belum lama ini masyarakat bersama SAMPAN Kalimantan melakukan kegiatan verifikasi kesiapan ajuan HD nya, bertempat di Kantor Desa Nanga Sebintang.
 
“Dalam kegiatan ini diikuti kurang lebih 110 peserta yaitu perangkat Desa Nanga Sebintang, LPHD Sebintang, dan juga warga desa tetangga (Kades Rantau Kalis, Masyarakat Desa Ribang Kadeng),” kata anggota SAMPAN Kalimantan, Vincensius.
 
Dia melihat antusias masyarakat sangat tinggi akan skema HD ini. Masyarakat juga sangat aktif bertanya dan berdiskusi.
 
Pihak yang memverifikasi yaitu dari BPSKL, Pokja PPS Nasional, KPH KH Timur, Pokja PPS Provinsi, juga sangat puas melihat partisipasi masyarakat yang sangat antusias dan keterwakilan perempuan yang besar yaitu sekitar 50 persen.
 
Dari hasil diskusi dan verifikasi, masyarakat dinilai telah mengerti dan cukup kuat landasan pengajuan HD di Desa Sebintang. Dan akan dilengkapi berkas untuk diberikan rekomendasi agar segera dikeluarkan izin kelola HPHD nya.
 
Setelah ini SAMPAN bersama pihak LPHD akan mengawal agar berkas dan hasil verifikasi tersebut berhasil membuahkan izin untuk dikelola masyarakat. Untuk kesiapan tersebut juga, LPHD akan menyusun Rencana Pengelolaan Hutan Desa sembari menunggu izin tersebut didapatkan.
 
Karena potensi yang dikelola sudah berjalan seperti pengelolaan HHBK (rotan, bambu, damar, dll) perkebunan karet dan pengembangan ekowisata akan disusun melalui RPHD agar bisa disetujui oleh penyuluh kehutanan dan dijalankan dengan baik bagi pengembangan kesejahteraan masyarakat.
 
Masyarakat sangat berharap agar segera diberikan izin
Dengan demikian berbagai akses pengelolaan hutan bisa menjadi legal dan banyak akses bantuan yang bisa diakses. Masyarakat juga sangat senang dengan adanya peluang ini karena sejak lama ingin agar skema seperti ini bisa didapatkan.(ma)
 
 

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.