Tim Satgas Desa Sungai Jawi Siaga Kebakaran Lahan

KUBU RAYA-SAMPAN-Tim Satgas Desa Sungai Jawi, Kabupaten Kubu Raya, berhasil memadamkan kebakaran lahan yang terjadi Senin (13/2) siang. Meski api telah padam, tim satgas tetap berjaga sebagai antisipasi kebakaran lahan susulan diakibatkan cuaca yang beberapa hari ini kurang bersahabat.
 
“Kebakaran lahan terjadi di lahan perkebunan milik warga Desa Sungai Jawi, Kubu Raya. Tim satgas Desa Sungai Jawi, bersama Babinkamtibmas dan Babinsa langsung melakukan pemadaman api dilokasi terjadinya kebakaran,” kata Perwakilan pendamping SAMPAN Kalimantan yang bertugas di Kabupaten Kubu Raya, Beni.
 
Mengenai penyebab munculnya api, dirinya belum mengetahui secara pasti. Saat kebakaran, dirinya juga ikut ke lokasi. Dalam penanganan ada 15 orang tim satgas dikomandoi Kepala Desa melakukan pemadaman api. 
 
Dalam upaya pemadaman kata Beni tak mudah. Petugas terkendala karena pipa yang dimiliki masih kurang panjang. Sehingga untuk menyemprotkan ke titik api sedikit sulit.
 
Selain selang, sarana pendukung seperti HT dan penambahan mesin dirasa perlu ditambah. Dengan miliki HT komunikasi saat pemadaman api akan lebih mudah. Artinya koordinasi ketika terjadi kebakaran lahan dapat lebih cepat.
 
“Sekarang situasi dalam keadaan siaga. Warga desa sambil kerja juga sekaligus memantau asap. Ketika ada kepulan api, bisa langsung dilakukan pemadaman. “Cuaca panas dan kering. Ini bisa menyebabkan kebakaran. Petugas juga akan melakukan monitoring untuk memantau ada tidaknya titik api,” tutupnya.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.