Sosialisasi HD Desa Rantau Kalis Masyarakat Sepakat Ajukan Skema HD

KAPUAS HULU-SAMPAN-SAMPAN Kalimantan bersama KPH KH Timur mengadakan kegiatan sosialisasi Hutan Desa di Desa Rantau Kalis, Kecamatan Kalis Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu (27/9). Dari hasil sosialisasi itu, masyarakat sepakat untuk mengajukan skema Hutan Desa.
 
“Kami (SAMPAN) bersama KPH KH Timur memberikan sosialisasi HR di Desa Rantau Kalis. Dalam kegiatan ini berjalan lancar. Masyarakat sangat antusias untuk ikut berpartisipasi dan berdiskusi bersama,” kata pendamping SAMPAN Kalimantan, Vincensius.
 
Materi yang diberikan lanjut Vincensius, masih secara umum tentang pengajuan HD. Seperti materi urgensi dari  pengelolaan hutan berbasis perhutanan sosial.
 
Sebelum sosialisasi dilakukan, sebenarnya pihak desa sudah sering berkomunikasi bersama SAMPAN Kalimantan untuk sharing tentang dampak positif HD.
 
Adapun rencana pengelolaan HD Desa Rantau Kalis lanjut dia, tentang pengembangan potensi pertanian intensif masyarakat, seperti jagung dan kedelai, pengelolaan ekowisata silvofishery, silpofasture, 
pengelolaan madu, dan lokasi edukasi tanaman hutan seperti anggrek.
 
Harapan untuk masyarakat jika menjadi HD adalah adanya akses yang bisa digarap secara legal, karena selama ini banyak kegiatan pengelolaan hutan yang dibatasi oleh aturan sedangkan potensinya besar.
 
Setelah sosialisasi ini, rencana akan dilakukan rapat lanjutan dengan membahas penguatan pemahaman, menyusun proposal ajuan dan pembentukan LPHD. “Semoga Berjalan lancar dan bisa dieksekusi cepat,” katanya.
 
Harapan SAMPAN dari kegiatan ini, 
masyarakat semakin mandiri dan dapat mengelola hutan secara lestari dan bersama sama terlebih lagi masyarakat bisa sejahtera dari pengelolaan hutan yang ada.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.