Sosialisasi Berkelanjutan Anggota CU KNB Semakin Bertambah

KUBU RAYA-SAMPAN-Sosialisasi pengenalan CU Kayuh Nusantara Berdikari (KNB) di wilayah Bentang Pesisir Padang Tikar dan Bentang Kubu, Kabupaten Kubu Raya semakin masif. Itu terlihat dengan meningkatnya permintaan masyarakat untuk segera diadakan pendidikan CU. 
 
“Warga Padang Tikar dan bentang Kubu merespon kehadiran CU KNB. Mereka ingin segera mendapat pendidikan CU. Meski sedikit kewalahan tapi jadwal kunjungan reguler bulanan tetap bisa tertangani,” terang koordinator CU KNB Bentang Pesisir Padang Tikar, Abdul Muin, Selasa (29/8).
 
Dijelaskan Muin, agar kunjungan reguler tetap terlaksana tiap bulan, Tim CU KNB dibagi dua tim. Satu tim turun ke Bentang Kubu dengan koordinator Leonardus Nicon dan tim ke dua ke Bentang Pesisir Padang Tikar yang dikoordinir dirinya.
 
Ada beberapa agenda dalam kunjungan reguler bulanan khusus Bentang Pesisir Padang Tikar, Batu Ampar dan Sumber Agung. Di sana pihaknya memberikan semi pendidikan anggota dan calon anggota, pelayanan pengembalian pinjaman sistem jemput bola dan follow up anggota lama dalam melakukan setoran simpanan tabungan anggota.
 
Pemberian materi semi pendidikan Desa Batu Ampar kata Muin, diikuti kurang lebih 20 orang anggota dan calon anggota. Dengan dilakukannya ini, harapan dia anggota lebih memahami secara mendalam tentang hak dan kewajiban ber CU.
 
Di tempat sama, pendamping anggota CU KNB Desa Batu Ampar, Bambang Irawan menyampaikan, bahwa CU KNB ini berbeda dengan CU lain, karena di samping  pengelolaan keuangan, anggota CU KNB akan mendapat pembinaan dan pendampingan dari Lembaga SAMPAN Kalimantan yang program-progamnya sudah banyak dirasakan khususnya di Batu Ampar.
 
Seperti Kelompok budidaya madu kelulut, kelompok budidaya keramba kepiting dan Ekowisata Mangrove BPPT.
 
Dikunjungan reguler bulanan itu Tim CU KNB juga melayani pembayaran pinjaman anggota agar anggota yang mempunyai pinjaman di CU tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk turun ke Pontianak dalam melakukan pembayaran pinjaman. 
 
Pihaknya juga melakukan follow up anggota lama dalam menyetor simpanan/tabungan sehingga anggota merasa dilayani dengan setulus hati oleh pengurus CU KNB.
 
DI dalam kegiatan itu, pihaknya sekaligus konsolidasi tentang skema demplot dengan kelompok tambak udang Desa Medan Mas. Hasilnya, kades dan warga setempat menyambut baik program ini. “Harapan saya semua anggota kelompok tambak udang ini bisa masuk anggota CU KNB,” tutupnya.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.