SK Perhutanan Sosial di Kalbar Capai 80 Izin

SAMPAN Dampingi 19 Desa Dapat SK HD
 
PONTIANAK-SAMPAN-Realisasi Perhutanan Sosial (PS) berdasarkan data Kelompok Kerja Kalimantan Barat secara keseluruhan hingga bulan Oktober mencapai 80 perizinan. Direktur SAMPAN Kalimantan, Dede Purwanysah mengatakan, dengan ter SK nya izin tersebut, maka masyarakat dalam kawasan menjadi tenang dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya hutan mereka.
 
“Dari data Pokja PS Kalbar sampai bulan Oktober, total izin PS yang telah ter SK kan mencapai 80 izin. Dari 80 izin itu terbagi menjadi Hutan Desa, Hutan Adat, Hutan Kemasyarakatan, Hutan Tanaman Rakyat dan kemitraan,” ungkap Dede, kepada (18/10).
 
Upaya kawan-kawan NGO di Kalbar dalam mendorong percepatan SK PS di Kalbar menunjukkan progres positif. 
 
Dari SAMPAN sendiri, upaya pendampingan warga desa untuk mendapatkan SK HD total mencapai 19 desa. Yaitu Hutan Desa di Kabupaten Kubu Raya 14 SK, Kabupaten Landak 1 SK dan Kabupaten Kapuas Hulu, 5 SK.
 
Setelah ter SK lanjut dia, tentu akan banyak dampak positif yang didapat masyarakatnya. Yang paling nyata adalah masyarakat menjadi tenang dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya hutan mereka. “Kepastian hak untuk menjaga dari ancaman luar juga semakin kuat,” ungkapnya.
 
Pasca SK HD, kata dia masyarakat desa juga mesti didampingi dengan melakukan pengembangan usaha yang berkelanjutan. Contohnya dengan memanfaatkan hasil kekayaan alam bukan kayu menjadi satu produk bernilai jual tinggi.
 
Bila SK PS di Kalbar semakin tinggi, artinya tutupan hutan bertambah. Dengan demikian kawasan hutan akan aman masyarakat juga akan lebih sejahtera. “Saya juga berharap, pemerintah juga membina dan memberikan stimulan bagi desa yang telah memiliki SK PS ini,” tandasnya.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.