Semiloka Budidaya Keramba Kepiting dan Udang CU KNB Beri Materi

KUBU RAYA-SAMPAN-KSP CU Kayuh Nusantara Berdikari ikut ambil bagian dalam semiloka pengembangan budidaya keramba kepiting dan tambak udang berkonsep Silvofishery Bentang Pesisir Padang Tikar dan Bentang Dabong Tanjung Bunga yang diadakan di Hotel Dangau (13/10). Kehadiran CU KNB guna memberi materi akses permodalan untuk kelompok budidaya kepiting, tambak udang dan konsep Silvofishery.
 
Manager CU KNB, Leonardus Nicon mengatakan, untuk bisa mengakses modal di CU KNB, kelompok budidaya keramba kepiting dan udang wajib mendaftar sebagai anggota CU KNB. 
 
Dijelaskan, jadi anggota CU banyak manfaatnya. Bukan pada saat mau minjam uang saja, tapi masyarakat yang ingin meminjampun wajib menjadi anggota CU KNB. Jika ke depan kelompok budidaya mendapat bantuan dari pihak ke tiga maka dana tersebut bisa dimasukkan ke CU KNB sebagai kas atau simpanan kelompok budidaya tersebut.
 
Jika kelompok ingin mengembangkan budidaya atau beli bibit maka kelompok tinggal melakukan penarikan saja di CU KNB sesuai kebutuhan kelompok.
 
Di tempat sama, Denni Nurdwiansyah juga menyampaikan, tahap uji coba, dana bantuan dari SAMPAN akan dimasukan ke CU KNB sebagai kas kelompok baru kemudian kelompok budidaya yang akan melakukan penarikan di CU KNB dengan catatan semua anggota kelompok wajib terdaftar sebagai anggota KSP.CU.Kayuh Nusantara Berdikari.
 
Kenapa wajib menjadi anggota CU? Tujuannya adalah jika nanti dalam tahap uji coba berhasil, harapan kami masing-masing orang yang ada dikelompok punya satu keramba di setiap desa, dengan menggunakan skema pinjaman berjangka di CU KNB dan yang dijadikan jaminan adalah simpanan kelompok tersebut.
 
Usai sesi CU, tim CU KNB melakukan diskusi dengan beberapa kelompok keramba kepiting, salah satunya Sukur ketua kelompok keramba kepiting Sungai Terumbuk Desa Nipah Panjang. “Rerata peserta antusias dengan adanya produk pinjaman berjangka CU KNB, ke depan dia akan diskusi dengan kelompok untuk mengajukan pinjaman berjangka, untuk pembelian bibit kepiting agar keramba yang sudah dibangun cepat terisi, sehingga kelompok pun cepat eksennya,” tutup Leo.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.