Sekda Tanam Mangrove di Desa Nipah Panjang

KUBU RAYA-SAMPAN-Sekda Kalimantan Barat, M Zeet Hamdy Assovie ikut hadir dalam kegiatan peresmian track mangrove di Desa Nipah Panjang, Kabupaten Kubu Raya. Dalam tinjauannya ke sana, dia berkesempatan menanam mangrove yang letaknya tak jauh dari lokasi ekowisata, Senin (28/8).
 
“Ilmu pariwisata itu prinsipnya orang ingin bergerak dengan waktu singkat tapi banyak yang dilihat. Potensi wisata Bentang Pesisir Padang Tikar luar biasa,” terangnya.
 
Informasi yang Zeet dapat, Bentang Pesisir Padang Tikar selain memiliki mangrove, potensi madunya juga jadi andalan. Saat ini tengah dalam pengembangan. Dijelaskan dia, kebutuhan madu dunia saat ini mencapai 40 juta ton perbulan. Namun yang tersuplay hanya 20 persen saja. Jika melihat potensi madunya, ini bisa dikembangkan. Bahkan jika serius madunya bisa di eskpor.
 
Untuk mencapai tahap itu harus ada sinergi dari banyak pihak. Pertama yang harus dilakukan saat ini membuat lokasi ini mudah ditempuh. Akses jadi kata kunci utama. 
 
Ia mau, Pemda membuat jembatan di titik terdekat dari tempat ini. Harapan dia tak bertepuk sebelah tangan karena Pemda miliki rencana membangun jembatan penyeberangan. Titiknya juga sudah disurvey. Anggaran yang diajukan ke pusat Rp 165 milyar. Pemerintah Provinsi akan mendorong agar terealisasi.
 
Nanti jika jembatan sudah jadi, masyarakatnya diedukasi tentang potensi kekayaan alam wilayah ini. Setelah semua kuat baru dicari pasarnya. “Ini akan dirundingkan dengan tim provinsi. Saya akan ajak SAMPAN Kalimantan untuk mencari modelnya seperti apa,” ungkapnya.
 
Sementara itu, Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengatakan, pembangunan jembatan ini sudah direncanakan. Bahkan pihaknya sudah melakukan survey. Rencana pembangunan jembatan itu ada di dekat penyeberangan Teluk Pakedai. “Anggran yang kami ajukan ke pusat Rp 165 milyar. Karena APBN terbatas, kami nunggu giliran dulu,” tutupnya.(ma)
 

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.