SAMPAN Susun Program 2019 Kuatkan Dampingan Pengelolaan HD dan SDM

PONTIANAK-SAMPAN-Direktur SAMPAN Kalimantan, Dede Purwansyah menarget 2019 ke 19 Hutan Desa (HD) yang telah mendapat SK dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bakal dikuatkan pendampingannya dalam pengelolaan kawasan dan peningkatan Sumber Daya Manusianya. Hal tersebut dikatakan Dede saat rapat program 2019, Jumat (4/1) di Hotel Ibis.
 
“Dalam rapat awal tahun kami (SAMPAN Kalimantan) salah satu fokus ke depan adalah penguatan pendampingan 19 HD. Fokusnya SDM dan pemaksimalan pengelolaan kawasan Hutan Desa,” ungkap Dede.
 
Dirinya melihat, progres perkembangan Hutan Desa di Kalbar khususnya yang jadi dampingan SAMPAN saat ini telah menunjukkan hasil yang baik. Agar HD nya dapat berjalan sesuai skema perhutanan sosial, di 2019 ini, pihaknya akan memberi penguatan pada masyarakat yang berada di 19 HD itu.
 
Selain memberikan tambahan pengetahuan pada SDM nya, pihaknya juga bakal membantu desa yang telah mendapat HD dalam pemaksimalan hasil hutan bukan kayu.
 
Kemudian, tata kelola usaha yang sedang dirancang dalam optimalisasi pinjaman BLU dan sumber modal lainnya juga bakal dijalankan 2019. Tak lupa kerja advokasi seperti mendorong perbaikan tata kelola hutan dan lahan baik yang dilakukan SAMPAN atau kerjasama dengan pemerintah provinsi dalam mendukung pembangunan berkelanjutan juga bakal dilakukan.
 
Ditiap daerah kata Dede sudah diberikan penguatan. Seperti pengelolaan kepiting, madu kelulut, madu mangrove dan lainnya. “Kita juga membantu memasarkan produk tersebut ke nasional. Ke depan pemaksimalan hasil alam di HD bakal kami tingkatkan,” ungkapnya optimis.
 
Selain dua hal itu, di 2019, SAMPAN juga menarget perluasan legalitas baru untuk akses kelola dengan target sebesar 200.000 hektare melalui berbagai skema. Salah satu desa yang bakal didampingi SAMPAN dalam memperoleh HD adalah diwilayah Ketapang.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.