SAMPAN Kirim Lima Perwakilan KUPS Magang Budidaya Kepiting Bakau di Jepara

PONTIANAK-SAMPAN-SAMPAN Kalimantan memberi pembekalan peserta magang pengelolaan pembenihan kepiting bakau dan rajungan selama satu bulan di Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah pada lima orang perwakilan desa Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) di Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya. Keberangkatan mereka menuju Jepara dilakukan (4/3), dengan didampingi lima orang dari perwakilan SAMPAN.
 
Direktur SAMPAN Kalimantan, Dede Purwansyah mengatakan sebelum lima orang perwakilan KUPS dari Desa Batu Ampar 1, Desa Batu Ampar 2, Desa Nipah Panjang, Desa Tanjung Harapan dua perwakilan diberangkatkan ke Jepara, terlebih dahulu diberi pembekalan di Kantor SAMPAN Kalimantan.
 
Dalam pembekalan itu, kawan-kawan SAMPAN menyampaikan tentang pokok materi silabus yang bakal diterima merela selama magang di sana tentang tata cara budidaya pembenihan kepiting bakau dan rajungan.
 
Materi-materi yang bakal mereka terima di sana nanti adalah tentang pemeliharaan indukan, pemberian pakan, pemeliharaan larva kepiting, pemeliharaan baby crab dan pengelolaan ekosistem.
 
“Ini materi umumnya. Di sana nanti mereka bakal dapatkan pelajaran detailnya. Saya harap apa yang disampaikan pemateri dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Dengan begitu, sekembali mereka ke sini dapat mengaplikasikan di desa mereka masing-masing,” ungkapnya.
 
Keberangkatan lima orang perwakilan KUPS itu tambah Dede ditemani oleh lima orang perwakilan SAMPAN Kalimantan. “Saya harap setelah mengikuti pelatihan mereka mampu melaksanakan kegiatan pembenihan kepiting bakau dan rajuangan dengan baik. Dengan berkembangnya budidaya kepiting bakau harapan kami ekonomi masyarakat meningkat dan bisa jadi percontohan utamanya untuk wilayah Kalbar,” tutupnya.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.