SAMPAN Kalimantan Inisiasi Budidaya Udang Organik di Desa Medan Mas 192.000 Bibit Udang Ditebar

KUBU RAYA-SAMPAN-Progres pembudidayaan udang organik inisiasi SAMPAN Kalimantan di Desa Medan Mas Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya saat ini sudah tahap penebaran dengan jumlah 192.000 bibit udang organik. Demikian dijelaskan Tim SAMPAN Kalimantan, Adariu, Sabtu (14/1).
 
“Budidaya udang organik yang kami lakukan bersama warga Desa Medan Mas, sudah berjalan 21 hari. Pengembangannya ini kami lakukan intensif bersama warga yang diinisiasi SAMPAN,” katanya.
 
Untuk tahapan pertama, demplot yang dibuat menggunakan lahan seluas 4 hektare.
 
Kata Adariu, penebaran bibit udang yang dilakukan ini sudah berjalan selama 19 hari dengan jumlah bibit 192.000 bibit udang. 
 
Memang dalam pembudidayaan udang organik pasti ada resiko yang dihadapi. Utamanya kata dia jelas cuaca seperti curah hujan tinggi, kedua persoalan modal dan resiko kebocoran tambak. “Adanya pelatihan dari penyuluh budidaya yang ahli dalam bidang ini begitu diperlukan oleh warga setempat. Makanya perhatian dari pemerintah sangat diharapkan,” katanya. 
 
Tentu, ia berharap apa yang sudah dilakukan SAMPAN bersama warga desa dapat membawa nilai positif dan jadi perhatian Pemda Kubu Raya dan Pemerintah Provinsi Kalbar. 
 
Dalam penerapannya, Adariu menjelaskan bahwa budidaya udang organik di Desa Medan Mas merupakan perpaduan antara sistem semi intensif dan tradisional. 
 
Terpisah, Ketua Kelompok budidaya udang organik, Desa Medan Mas, Fakhrurazi mengatakan bahwa pembangunan demplot udang organik merupakan kali pertama di sini. Tentunya harapan masyarakat dari percobaan budidaya ini ke depan bisa berhasil dan dapat menjadi penopang ekonomi masyarakat. Selain itu dari segi pengembangan sistem intensif akan memberikan semangat kepada kawan-kawan petani tambak lain untuk lebih giat lagi dalam mengembangkan tambak udang. “Adanya budidaya ini sekaligus berbagi ilmu pengetahuan kepada petani tambak lain,” tandasnya.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.