SAMPAN Kalimantan Bantu Pihak Desa Survei Batas Desa dan Pemasangan Patok Batas

KUBU RAYA-SAMPAN-Tim SAMPAN Kalimantan membantu pihak desa Teluk Nibung dan Desa Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya melakukan survei batas desa dan pemasangan patok batas. Pelaksanaan yang dilakukan itu adalah tindak lanjut tahapan ketiga setelah sebelumnnya sudah dilakukan pemetaan menggunakan Wahana Tanpa Awak dan melakukan pertemuan di Pontianak terkait survei yang akan dilakukan.

Pemasangan Tapal Batas untuk Penegasan Batas Desa Batu Ampar dengan Teluk NIbung. SAMPAN 2017

Pemasangan Tapal Batas untuk Penegasan Batas Desa Batu Ampar dengan Teluk NIbung. SAMPAN 2017

Aktivis SAMPAN Kalimantan yang turun dalam survei patok batas desa itu, Eben menjelaskan, tujuan survei batas desa dan pemasangan patok batas antara Desa Teluk Nibung dan Desa Batu Ampar untuk penegasan dan penetapan tapal batas desa masing-masing.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan itu pihak SAMPAN melibatkan camat dan perwakilan desa bersangkutan. Pembentukan tim penetapan dan penegasan batas desa untuk penguat yang di SK kan Kepala Desa merupakan rujukan dalam kegiatan ini.

Kepala Desa Batu Ampar, Junaidi Abdulah merasa terbantu dengan kegiatan ini. Selama ini saat berbicara batas desa dirinya hanya tahu batas wilayah dengan melihat tanda-tanda alam seperti sungai, gunung dan jalan. Tapi berkat bantuan SAMPAN Kalimantan, kini mereka mengetahui luas wilayah dan titik koordinat batas desa mereka.

Hal senada dikatakan Kepala Desa Batu Ampar, Junaidi. “Survei dan pemasangan patok batas sangat membantu kami mengetahui letak wilayah kami sebenarnya,” ucapnya.

Eben menjelaskan lagi, kegiatan ini merupakan tahapan ketiga yang dilakukan. Sebelum turun ke lapangan, pihaknya melakukan pemetaan terlebih dahulu menggunakan WTA. Usai data tersebut didapat, pihaknya melakukan pertemuan di Pontianak pada November 2016. Dari hasil pertemuan itu menghasilkan kesepakatan bersama dari perwakilan desa di wilayah Bentang Pesisir Padang Tikar.

“Kegiatan survei dan pemasangan patok batas yang kita lakukan ini adalah hasil dari dua pertemuan itu,” ungkapnya.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.