SAMPAN Fasilitasi Penyusunan RPHD

KUBU RAYA-SAMPAN-SAMPAN Kalimantan memfasilitasi kegiatan penyusunan Rencana Pengeloalaan Hutan Desa landscape Kubu-Terentang dan Kerawang. Dalam kegiatan yang sudah dilaksanakan sejak 12 Februari 2019 itu, Rabu (20/2) pelaksanaannya diadakan di tiga tempat, yaitu Desa Sumber Agung, Desa Betuah dan Desa Tanjung Beringin.
 
Fasilitator sekaligus pemateri dalam kegiatan penyusunan Rencana Pengeloalaan Hutan Desa landscape Kubu-Terentang dan Kerawang, Tito menjelaskan, pelaksanaan fasilitasi ini sudah dilakukan sejak 12 Februari 2019. “Kita roadshow,” ungkapnya.
 
Penyusunan RPHD yang dilakukan ini wilayah Kubu-Terentang dan Kerawang. Dalam kegiatan tersebut, SAMPAN mengundang perwakilan Pemerintah Desa, perwakilan Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) dan tokoh masyarakat.
 
Dalam diskusi lanjit Tito bersama melakukan identifikasi potensi, kemudian penyampaian materi penyusunan RPHD dan menyusun RPHD bersama.
 
Hasil dari diskusi tersebut nanti bakal ditindaklanjuti ke dalam Musrenbang. Semua dilakukan agar pengembangan dan pembangunan Hutan Desa dapat sejalan dengan pembangunan di desa. Kemudian rencana tindaklanjut ini, LPHD dengan bantuan Pemdes serta tokoh masyarakat akan melakukan pembekalan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) ditingkat dusun.
 
Adanya dokumen acuan bagi LPHD dan pihak terkait dalam melakukan kinerja pengelolaan Hutan Desa serta LPHD dapat memiliki kemampuan dalam menyusun RPHD. “Mudah-mudahan saja fasilitasi yang dilakukan ini dapat menghasilkan yang maksimal,” katanya.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.