PONTIANAK-SAMPAN-Aktivis SAMPAN Kalimantan, Beny mengungkapkan dalam waktu dekat ini pihaknya akan membantu pihak Desa Tanjung Harapan, Kubu Raya melakukan tracking zona lindung tangkap ikan. Itu dilakukan dalam upaya realisasi Perdes Perlindungan Laut yang saat ini tengah diperjuangkan di Kabupaten Kubu Raya.

“Perdes ini nanti dapat mengatur dalam sisi perlindungan dan tata cara penangkapan ikan. Nanti dalam aturannya dibuat zona larangan dan layak tangkap ikan. Makanya nanti kami (SAMPAN) bersama pihak desa melakukan tracking zona,” ungkapnya akhir Desember.

Keluhan nelayan dengan hasil tangkap dan pendapatan menurun tiap tahun merupakan awal dorongan Perdes Perlindungan Laut itu. Selain dorongan dari masyarakat, beberapa lembaga khususnya SAMPAN melihat memang perlu ada aturan desa tentang perlindungan laut. Dengan miliki perdes tersebut ke depan kekayaan laut juga dapat terjaga ekosistemnnya.

Selama ini, nelayan kecil tertindas. Penggunaan alat tangkap ikan tradisional tak sebanding dengan nelayan yang memiliki cukong besar. “Mereka ini menggunakan pukat harimau, bom dan lainnya. Memang hasilnya besar, tapi dampaknya merusak ekosistem,” tegasnya.

Pengaturan perdes ini kata Beny tidak hanya wilayah laut saja. Wilayah mangrove juga sama pengaturannya. Dengan miliki aturan area tangkap ikan maka tata cara perlindungan ekosistem maka akan lebih baik ke depan.

Kabar terbaru tentang perdes ini sudah sampai di Biro Hukum Kabupaten Kubu Raya. Secara garis besar isi dari Perdes itu akan membagi zonasi keberlangsungan ekosistem habitat binatang laut seperti ikan, kepiting udang. Menurut dia, dengan adanya aturan tersebut nelayan lebih mudah menangkap ikan.

Ditambahkan dia, perdes ini dengan sistem buka tutup. Nanti aturannya ada lumbung-lumbung zona ikan yang tidak boleh diganggu. Meski demikian nanti ada wilayah tangkap bagi nelayan dengan jarak-jarak tertentu. “Dengan buka tutup keberlangsungan habitat dapat terjaga,” ucapnya.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.