KAPUAS HULU-SAMPAN-Desa Semangut Utara, Kecamatan Bunut Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu miliki potensi alam yang berlimpah. Meski kekayaan alam melimpah namun dampak perekonomian yang dirasa masyarakat sekitar belum terlalu nampak. Melihat besarnya potensi itu, SAMPAN Kalimantan lakukan inisiasi dengan mendorong berdirinya koperasi ekonomi berbasis landscape dengan berpihak pada masyarakat sekitar hutan.

Aktivis SAMPAN Kalimantan, Wawan menjelaskan, Desa Semangut Utara wilayahnya terletak di sekitar hutan. Mayoritas masyarakat di sana kerjanya masih serabutan. “Padahal potensi alam di sana begitu banyak, sebenarnya alam yang melimpah ini dapat jadi pijakan ekonomi warga setempat,” ujarnya (27/1).

Dijelaskan dia, potensi seperti produk anyaman, madu dan produksi kayu masih melimpah. Di sektor pertanian, jika dikembangkan ke depan sebenarnya dapat meningkatkan perekonomian warga setempat.

Melihat potensi ini maka SAMPAN menginisiasi berdirinya koperasi. Dalam penerapan koperasi itu dilakukan dengan skema ekonomi berbasis landscape dengan harapan ke depan terjalinnya ekonomi yang lebih berpihak pada masyarakat sekitar hutan.

Pihaknya sudah melakukan asistensi terhadap penyusunan kelembagaan, invetarisasi potensi desa, dan pembentukan kelompok ekonomi ditingkat RT dan dusun.

Dia berharap, dengan berdirinya koperasi ini ke depan produk masyarakat khususnya pertanian dan perkebunan lebih stabil. Koperasi ini juga dapat sebagai jembatan untuk membangun jaringan pasar yang lebih luas.

Suasana Pertemuan Pembentukan Koperasi Masyarakat di Desa Semangut. SAMPAN 2017

Suasana Pertemuan Pembentukan Koperasi Masyarakat di Desa Semangut. SAMPAN 2017

Kades Semangut Utara, Sumadi mengatakan, agar kesejahteraan masyarakat lebih baik, perlu penguatan ekonomi masyarakat. Salah satu yang dilakukan adalah dengan mendirikan koperasi ini. “Semoga dengan adanya koperasi bisa jadi penopang kegiatan perekonomian desa. Koperasi ini ke depan juga bisa jadi mitra Bumdes sebagai insvestor,” katanya.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.