KUBU RAYA-SAMPAN-Upaya SAMPAN Kalimantan mengenalkan potensi mangrove di Kabupaten Kubu Raya terus dilakukan. Kali ini pihak SAMPAN membangun mangrove track di Desa Batu Ampar, Kecamatan Batu Ampar, Kubu Raya.

“Kita sedang membangun mangrove track di Desa Batu Ampar. Tujuannya, untuk menjadikan mangrove sebagai icon wisata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Batu Ampar,” terang aktivis SAMPAN, Hardi, Sabtu (11/2).

Saat ini, tiang pertama mangrove track sudah dibangun. Lokasi mangrove track jelas Hardi berada di area Hutan Desa Batu Ampar. SAMPAN menargetkan, pembangunan mangrove track akan selesai 21 Februari 2017.

Setelah mangrove track jadi, dia berharap akan berdampak pada meningkatnya perekonomian masyarakat setempat. Menurut pria asal Ketapang ini, apabila pengelolaan sektor pariwisata dilakukan maksimal, akan banyak dampak positifnya. “Asalkan pengembangan produk usaha turunan dari wisata dilakukan, saya yakin ke depan ini terus berkembang,” ujarnya.

Pembangunan mangrove track ini, SAMPAN dibantu masyarakat setempat. Saat pengerjaan, antusias masyarakat tinggi dalam mendukung pembangunan mangrove track ini. “Selain track mangrove, di sini juga ada saung pengamatan dan steher,” cetusnya.

Untuk anggaran yang digunakan, ia memperkirakan sekitar Rp 200 juta. Selama pengerjaan berlangsung, pihaknya tak menemui kendala.

Hermansyah salah satu warga Desa Batu Ampar berharap, setelah mangrove track jadi, tempat ini bisa menjadi salah satu rujukan pelancong wisata dari dalam dan luar negeri ketika datang ke Kalbar.

“Setelah ini jadi tentu kami akan mempromosikan wisata baru ini pada pengunjung baik dari dalam dan luar negeri,” tutupnya.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.