SAMPAN Beri Pelatihan Madu Hutan di Aceh Tamiang dan Aceh Timur

ACEH-SAMPAN-Perwakilan SAMPAN Kalimantan menjadi instruktur dalam pelatihan budidaya madu yang dilaksanakan di Provinsi Aceh awal Mei. Pemberian materi dilakukan pada Kelompok Tani di dua Kabupaten yaitu, Desa Batu Bedulang Kecamatan Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang dan Kelompok Tani Gampong Bunin Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur.
 
Anggota SAMPAN Kalimantan, Vincensius menjelaskan dalam kegiatan ini, perwakilan SAMPAN ditunjuk sebagai instruktur dalam penyampaian tentang pembudidayaan madu hutan. “Kegiatan ini inisiasi Forum Konservasi Leuser yang konsisten dalam menjaga kelestarian alam khususnya Kawasan Ekosistem Leuser (KEL),” katanya belum lama ini.
 
Dikegiatan pelatihan itu, SAMPAN memberikan tentang brand image dan penguatan kelembagaan serta sharing tentang pengembangan madu di Kubu Raya dan Kapuas Hulu, Kalbar. “Dari cerita yang dipaparkan, masyarakat sangat antusias dan tertarik dengan pola yang sudah dikembangkan,” katanya.
 
Materi yang diberikan kata dia, penanganan pasca panen dan pengemasan madu hutan sehingga mutu dan kualitas madu tetap terjaga dan nilai jual madu hutan tersebut tinggi. 
 
Kemudian lanjutnya, peserta juga dilatih melakukan pemindahan sarang lebah dari tempat yang tinggi ke pohon yang lebih rendah dan lebih mudah terjangkau sehingga petani madu dapat memonitor perkembangan madu dan jangka waktu pemanenan madu. 
 
Tak lupa, pelatihan terhadap strategi marketing sehingga proses pemasaran madu meningkat dan nilai jual madu hutan produksi kelompok tersebut tetap tinggi pada saat panen raya juga diberikan.
 
Dengan adanya pelatihan ini, dia berharap masyarakatnya dapat memanfaatkan potensi madu dengan maksimal. Kalau selama ini masyarakat tidak mampu memanfaatkan potensi madu tersebut menjadi komoditi unggulan. Mudah-mudahan setelah pelatihan ini, masyarakatnya bisa menjadikan pemanenan madu tersebut sebagai usaha yang mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.(ma)
 
 

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.