Program SAMPAN di Desa Kapuas Hulu Terus Dijalankan Masyarakat

KAPUAS HULU-SAMPAN-Rintisan program SAMPAN Kalimantan seperti pengembangan kopi dan madu dibeberapa desa Kabupaten Kapuas Hulu hingga kini masih dijalankan oleh masyarakat, Pemerintah Desa dan LPHD. Demikian dikatakan Selvianus saat meninjau desa dampingan SAMPAN di Kapuas Hulu belum lama ini.
 
“Meski program SAMPAN dibeberapa desa dampingan Kapuas Hulu sudah selesai, namun rintisan program yang dijalankan SAMPAN disana masih berjalan,” kata Selvianus Saludan, (14/3).
 
Dia menuturkan, belum lama ini dirinya meninjau desa-desa dampingan SAMPAN di Kapuas Hulu. Tujuannya ke sana selain silaturahmi juga ingin melihat sejauh mana program rintisan SAMPAN berjalan.
 
Di Desa Bahenap pengembangan tanaman kopi yang dijalankan SAMPAN hingga kini masih berjalan. Progresnya kopi-kopi yang ditanam 2017 silam, sebagian sudah berbunga dan bahkan berbuah. Masyarakat juga melakukan pembibitan dan penanaman baru sebagai upaya penambahan tanaman kopi disana agar semakin banyak.
 
Untuk pengembangan ekowisata di Desa Nanga Raun lanjut dia, memang dulu sempat stagnan. Tapi sekarang pelan-pelan masyarakat mulai menggerakkan lagi kelompok penggerak wisata yang dibentuk sebelumnya. Anggarannya kata Vian sapaannya, disuport dari Dana Desa. Rencana warga setempat juga bakal melobi perusahaan HPH untuk berkontribusi dalam pengembangan wisata melalui dana CSR.
 
Untuk Desa Selaup lanjut Vian lagi, kini sudah menjadi rujukan tempat pelatihan budidaya madu kelulut baik oleh pemerintah daerah khususnya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa maupun oleh CSO di Kapuas Hulu. Mudah-mudahan semuanya terus berjalan dan desa-desa dampingan SAMPAN bisa berkembang dengan memanfaatkan potensi alam yang ada.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.