PONTIANAK-SAMPAN-Pontianak masuk dalam zona sangat mudah kebakaran lahan. Hal ini dikatakan Kepala BPBD Kota Pontianak, Aswin Taufik berdasarkan hasil prakiraan potensi kemudahan terjadi kebakaran ditinjau dari analisa parameter cuaca berlaku 8 Januari 2017.

“Atas data itu kita (BPBD) waspada antisipasi kejadian kebakaran lahan dengan melakukan patroli di wilayah rawan kebakaran. Utamanya lahan gambut,” ucapnya belum lama ini.

Patroli dilakukan sekaligus memberi edukasi masyarakat agar tidak membakar lahan saat musim kemarau.

Diungkapkan dia, kejadian kebakaran lahan terjadi berulang dibeberapa titik sama. Salah satunya terjadi di Jalan Perdana Kelurahan Bansir Darat, Kecamatan Pontianak Tenggara (8/1). Ada dua titik api terbakar di lahan yang sama. Kebakaran itu terjadi di lahan gambut.

Pihaknya tak tinggal diam. BPBD bersama Tim Damkar Manggala Agni Dishut Provinsi Kalbar bahu membahu memadamkan api di lahan itu.

Dikatakan dia, ini hari ke tiga kejadian kebakaran di lahan gambut. Cuaca labil. Padahalal menurut perkiraan 2017 ini puncak hujan tapi kenyataa. justru kebakaran lahan.

Selain memberi edukasi bahaya kebakaran, pihaknya juga memasang baliho larangan membakar lahan di tiga kecamatan rawan kebakaran, diantaranya Kecamatan Pontianak Utara, Tenggara dan Pontianak Selatan.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.