Persiapan Lomba Desa Tingkat Provinsi SAMPAN Berikan Pelatihan Kelulut

KAPUAS HULU-SAMPAN-SAMPAN Kalimantan memberi pelatihan lebah trigona (kelulut) pada 10 orang warga Desa Riam Piyang, Kecamatan Bunut Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu 3-5 Maret 2018. Pelatihan yang diberikan dalam rangka persiapan mengikuti lomba desa tingkat nasional dengan tahapan seleksi tingkat provinsi Kalbar dimulai 30 April 2018.
 
“Pelatihan kelulut diberikan pada 10 orang warga Desa Riyam Piyang. Mereka nanti akan menjadi kader tenaga pelatih desa kedepannya. Makanya peserta dibatasi supaya dalam berlatih efektif,” kata pendamping SAMPAN Kalimantan, di Kapuas Hulu, Alias.
 
Kegiatan pelatihan kelulut diberikan sebagai bekal untuk ikut dalam seleksi lomba desa tingkat provinsi yang dilaksanakan 30 April mendatang.
 
Dalam pelatihan ini dijelaskan Alias, spesifik materinya tentang kelulut. Diantaranya pengenalan lebah kelulut, teknik pembuatan kotak budidaya, teknik memindahkan sarang lebah kelulut ke kotak budidaya dan teknik pemanenan madu kelulut.
 
Untuk pendaftaran lomba jelas dia, langsung dilakukan Pemda Kapuas Hulu. Sedangkan proses seleksi nanti akan ada peninjauan secara langsung dari Pemprov.
 
Pasca pelatihan harapan SAMPAN peserta pelatihan bisa menjadi kader pelatih di desa, utamanya dalam pengembangan madu kelulut. Kemudian masyarakat mampu menjaga komitmen agar pengembangan budidaya kelulut di desa semakin baik. Jika benar-benar diseriusi madu kelulut dapat menjadi sumber pendapatan bagi keluarga di desa. “Harapan lainnya Desa Riam Piyang dapat memenangkan lomba desa tingkat nasional,” ucapnya optimis.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.