PONTIANAK-SAMPAN-Belum lama ini, SAMPAN Kalimantan ikut serta dalam kegiatan workshop perhitungan capaian emisi proyek ICCTF. Dalam kegiatannya itu, ICCTF memberi reward pada SAMPAN sebagai peserta aktif, kontributif dan penyampaian materi yang baik dalam perhitungan capaian emisi 2010-2018 untuk kategori lahan gambut.
 
“Kegiatan workshop perhitungan capaian emisi proyek ICCTF dilakukan 12-13 Maret 2018 lalu, di Hotel Sari Pan Pacific. Ada 45 proponent yang diundang, salah satunya SAMPAN Kalimantan,” ujar perwakilan SAMPAN Kalimantan, Bakti.
 
Dia menjelaskan, dalam kegiatan itu, peserta melakukan perhitungan yang dibagi dalam lima kategori yaitu energi, emisi, tanah gambut, tanah mineral mangrove dan dalam total penurunan emisi kategori kegiatan proponent dilahan gambut. “SAMPAN memaparkan kategori lahan gambut,” katanya.
 
Karena sepanjang kegiatan dianggap aktif dan dinilai paparan emisinya juga baik, SAMPAN diberikan reward sebagai peserta aktif, kontributif dalam penyampaian materi.
 
Tujuan dari kegiatan ini sebenarnya untuk menentukan seberapa besar dampak dari kegiatan ICCTF  yang telah dilakukan bersama  proponent selama ini. Dari semua itu maka diperlukan analisis kuantitatif dan monitoring penurunan emisi GRK yang berbasis ilmiah dengan menggunakan metodologi yang sama. 
 
Dengan adanya hasil analisis kuantitatif tersebut diharapkan lanjut Bakti, ICCTF dapat menyediakan data kontribusi penurunan emisi GRK yang terpercaya (credible) dan dapat diandalkan (reliable).(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.