Pengembangan Budidaya Kepiting Sukses Program SAMPAN Positif Bagi Masyarakat BPPT

KUBU RAYA-SAMPAN-Kepala Desa Nipah Panjang, Kecamatan Batu Ampar, Kubu Raya, Mustafa Juding mengungkapkan, program pembuatan sekat kanal, embung, pengembangan potensi wisata dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan SAMPAN Kalimantan sejak 2013 berdampak positif bagi masyarakatnya. Berkat upaya SAMPAN pula, Sekda Kalbar, M Zeet Hamdy Asoffie ikut meresmikan track mangrove desanya baru-baru ini. Dikesempatan itu, Sekda melihat banyak potensi yang bisa dikembangkan diwilayahnya. Salah satunya budidaya kepiting.
 
“Apa yang dilakukan SAMPAN Kalimantan di desa kami sudah banyak hasilnya. Masuk 2013 di Nipah Panjang, program seperti pembuatan embung, sekat kanal, pemberdayaan masyarakat sudah banyak terealisasi. Bahkan yang terbaru peresmian track mangrove dan pembudidayaan kepiting berjalan sesuai harapan,” terangnya belum lama ini.
 
Mudah-mudahan program SAMPAN Desa Nipah Panjang terus berlanjut. Seperti budidaya kepiting yang baru digagas beberapa bulan lalu kini menampakkan hasil positif.
 
Diceritakan dia, sebelum pembuatan keramba kepiting, SAMPAN terlebih dahulu membawa perwakilan desa untuk belajar pembudidayaan kepiting di Bali. Hasil pembelajaran di sana diaplikasikan di sini. “Sekarang dua bulan berjalan sudah menampakkan hasil. Kepiting dalam keramba bobotnya kian naik. Ini meningkatkan harga jual,” kata Mustafa.
 
Dirinya juga sudah berbicara tentang budidaya kepiting saat kunjungan Sekda Kalbar. Hasilnya ditanggapi positif agar pengembangan budidaya kepiting dilanjutkan lagi.
 
Sekarang budidaya kepiting miliki lima keramba. Ada ratusan ekor kepiting di keramba itu. Beberapa kali sudah panen. Hasilnya dijual ke Batu Ampar, Pontianak dan beberapa dibeli masyarakat setempat. “Kepiting ini jualnya tak susah, berapapun banyaknya pasti dibeli orang. Peminatnya banyak,” tutupnya.(ma)
 
 
 

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.