Pembangunan Keramba Kepiting dan Ekowisata Disambut Baik Pemda Kubu Raya

PONTIANAK-Ketua LPHD Desa Tanjung Harapan, Kabupaten Kubu Raya, Ismail mengatakan, pembangunan keramba kepiting dan ekowisata mangrove yang dilakukan pihaknya dapat sambutan baik dari Pemerintah Kabupaten Kubu Raya. Usai keduanya terbangun, dirinya minta agar Pemkab ikut membantu mempromosikannya.

 
“Pemerintah menyambut baik. Bahkan apa yang jadi kekurangan bisa diajukan melalui proposal sesuai perencanaan. Tak hanya itu saja. Promosi harus digencarkan fokusnya tak hanya Tanjung Harapan saja tapi seluruh desa bentang pesisir Padang Tikar,” katanya belum lama ini.
 
Kata Mail sapaannya, di wilayah alam Bentang Pesisir Padang Tikar, miliki banyak potensi. Sekarang ini masyarakat desa tengah berlomba-lomba membangun tempat ekowisata seperti track mangrove, budidaya kepiting, udang serta pengelolaan budidaya madu kelulut. Hasilnya yang tampak saat ini positif bagi masyarakat. 
 
Ia tak menutupi, apa yang telah dirasakan saat ini juga merupakan dukungan dari kawan-kawan SAMPAN yang kerap mengirim perwakilan desa mengikuti pelatihan di luar. Hasil pelatihan yang didapat itulah kata dia diterapkan di desa masing-masing.
 
“Pemerintah juga harus memberikan bimbingan pada kami (warga desa). Utamanya memberikan pelatihan tentang mengoptimalkan apa yang dimiliki desa. Artinya tak hanya sebatas budidaya kepiting dan wisata saja,” katanya.
 
Selain pelatihan, dirinya berharap akses untuk menuju ke sini dapat dipikirkan agar ke depan wisatawan yang berkunjung ke sini dapat dengan mudah sampai. “Soal akses ini akan kami bicarakan dengan Pemdes dan Pemda. Ini harus diupayakan, karena beberapa kali saya ikut studi, bahwa daerah akan maju jika akses dan komunikasi bagus. Ini yang perlu kita bangun,” katanya.(ma)

 

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.