Masuk Masa Produksi Pemda Mesti Buka Peluang Pasar Kepiting

Masuk Masa Produksi
Pemda Mesti Buka Peluang Pasar Kepiting
 
KUBU RAYA-SAMPAN-Perkembangan silvofishery kepiting bakau di Desa Batu Ampar saat ini sudah hampir masuk masa produksi. Agar programnya sesuai  harapan, Direktur SAMPAN Kalimantan, Dede Purwansyah berharap, peran pemerintah dalam upaya penyediaan pasar sampai persoalan perizinan dapat dimudahkan.
 
“Perlu upaya terobosan kebijakan. Seperti pada usaha silvofishery kepiting bakau yang dilakukan di pesisir mangrove Kubu Raya. Tepatnya masyarakat yang tergabung dalam anggota Kups silvofishery kepiting bakau telah mulai bersangat giat menjaga dan mengelola mangrove secara berkelanjutan. Yang diperlukan sekarang stakholder mesti mendukung, mempercepat legalitas usaha dan menyediakan akses pasar modal,” kata Dede Minggu kemarin.
 
Perhatian seperti ini dari Pemerintah yang dibutuhkan. Jika silvofishery kepiting ini berkembang secara otomatis akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi desa. 
 
Gubernur Kalbar lanjutnya juga memiliki visi mendorong indeks desa mandiri. Dengan demikian gerakan-gerakan yang dilakukan masyarakat desa mesti didukung dan diberi kemudahan akses.
 
SAMPAN Kalimantan kata dia terus berupaya meningkatkan SDM dan memperkuat lembaga hutan desa serta menyambungkan dengan pemerintah desa agar usaha yang dijalankan ini berkelanjutan.
 
Pembudidayaan kepiting saat ini kata dia sudah mulai menunjukkan hasil. Jika tak terkendala September ini sudah bisa didapat hasilnya. Namun tentulah hasilnya belum terlalu maksimal karena ini panen perdana. “Meski begitu Desember akan digenjot produksi nya,” katanya.
 
Perencanaan matang dan semangat etos kerja masyarakat yang bahu membahu membangun ekonomi yabg dijalankan sekarang terus dijaga.
“Kita harapkan kedepan sumbangan penerimaan bukan pajak dari sektor kehutanan khususnya dari perhutanan sosial juga akan kita realisasikan. Jika geliat ekonomi muncul maka menjaga hutan dan tujuan besar perhutanan sosial akan terwujud,” ucapnya optimis.(ma)
 
 

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.