LPHD Tanjung Harapan Raih Juara 3 Wana Lestari 2018 Tingkatkan Pengembangan Hutan Desa

 
KUBU RAYA-SAMPAN-LPHD Tanjung Harapan Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat mendapat juara tiga lomba Apresiasi Wana Lestari Tingkat Nasional tahun 2018 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kategori Kelompok Masyarakat Pengelola Hutan Desa. Pemberian penghargaan itu dilakukan di Jakarta 15-19 Agustus 2018.
 
Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus atas nama Pemerintah Kabupaten memberi selamat pada LPHD Desa Tanjung Harapan yang mendapat penghargaan nasional Wana Lestari.
 
Artinya kata dia, pengelolaan Hutan Desa khususnya Desa Tanjung Harapan semenjak ditetapkan hingga sekarang banyak menunjukkan progres kemajuan. Baik itu pelestarian lingkungan dan upaya meningkatkan perekonomian melalui skema Hutan Desa.
 
Terpilihnya LPHD Tanjung Harapan menjadi juara tiga, pasti banyak penilaiannya. Poin utama pandangan Hermanus tentu bagaimana Hutan Desa bisa memberi banyak manfaat untuk mensejahterakan masyarakat. “Kami pemkab berharap penetapan Hutan Desa ini bisa menjadi penyemangat Pemerintah bersama masyarakat menjaga dan melestarikan SDA bersama. Harus dimulai dari sekarang. Kalau tidak dari sekarang mau kapan lagi,” ajaknya.
 
Pasca ditetapkan sebagai HD, Hermanus melihat progres HD khususnya di Bentang Pesisir Padang Tikar banyak pergerakannya. Pengembangan budidaya madu kelulut satu contohnya. “Dan ini menjadi produk unggulan kita. Ketika ada acara pameran produk ini selalu kita promosikan sebagai andalan daerah. Saya harap kelulut bisa terus dikembangkan,” ungkapnya.
 
Terpisah, Direktur SAMPAN Kalimantan, Dede Purwansyah berharap dengan didapatnya penghargaan Wana Lestari Desa Tanjung Harapan, bisa sebagai semangat bagi LPHD binaan SAMPAN dan LPHD lain dalam melakukan pengelolaan Hutan Desa berkelanjutan dan sesuai tujuan besar pembangunan desa.
 
Selain itu, dia juga berharap dengan penetapan HD, masyarakat Desa Bentang Pesisir Padang Tikar khususnya Desa Tanjung Harapan lebih giat dalam menjaga dan melestarikan hutannya.
“Tahun depan kita akan siapkan dan semoga pemenang bisa membuka peluang untuk bantuan dalam hal pengelolaan agar tujuannya pembangun HD tercapai,” ungkapnya.
 
SAMPAN juga akan menyiapkan HD lainnya untuk mengikuti lomba yang sama pada tahun depan. Jika tahun ini juara tiga mudah-mudahan tahun depan bisa juara satu. “Kemenangan ini berkat kerjasama semua pihak. Tentunya Pemerintah, Dishut, Pokja Ps, BPSK, Kemendes dan KLHK sendiri dan utamanya pendamping dari SAMPAN Kalimantan,” tandasnya.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.