Ketua LPHD Batu Ampar Didapuk Sebagai Tokoh Perhutanan Sosial Penghargaan Diberikan Langsung Oleh Jokowi

 
JABAR-SAMPAN-Ketua LPHD Batu Ampar Hutan Desa Bentang Pesisir Padang Tikar, Kabupaten Kubu Raya, Hermansyah meraih penghargaan tokoh perhutanan sosial dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penyerahan penghargaan diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo saat acara penyerahan SK Izin Pengelolaan Hutan Sosial di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jabar, Jumat (8/2).
 
Direktur SAMPAN Kalimantan, Dede Purwansyah merasa bangga akan capaian tersebut. Artinya, upaya masyarakat untuk menjaga dan mengelola hutan dan sumber daya alam secara berkelanjutan selama ini jadi perhatian Pemerintah pusat. 
 
Mudah-mudahan dengan adanya pengharapan ini menjadi pelecut semangat untuk membuat Hutan Desa khususnya di Batu Ampar dan wilayah Bentang Pesisir Padang Tikar semakin baik.
 
SAMPAN yang ikut bersama mendampingi Desa Batu Ampar lanjut Dede, meyakinkan semua pihak bahwa prestasi yang dicapai tentu bukan hanya kerja sendiri, melainkan kerja bersama dengan melibatkan masyarakat, pemerintah, pihak swasta dan lembaga donor.
 
Hasilnya kini, progres Hutan Desa utamanya di Bentang Pesisir Padang Tikar dalam rute positif. 
 
Dijelaskan dia, dengan Hutan Desa kini masyarakatnya tengah melakukan pengembangan produk dari hasil hutan bukan kayu. Seperti madu kepiting dan lainnya kini telah dipasarkan dan buktinya sedikit demi sedikit hasil produk itu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.
 
Selain Batu Ampar, KLHK juga memberi penghargaan pada Hutan Adat Sanggau yang didampingi oleh institut dayakologi.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.