Keramba Kepiting Tujuh Desa BPPT Semakin Berkembang Desa Tanjung Harapan Sinergikan Dengan Ekowisata Mangrove

PONTIANAK-SAMPAN-Beni, anggota SAMPAN Kalimantan mengatakan, saat ini progres pengembangan budidaya kepiting di tujuh desa Bentang Pesisir Padang Tikar, Kabupaten Kubu Raya menunjukkan perkembangan bagus. Selain pembudidayaan, beberapa masyarakat desa juga mengkolaborasikannya dengan pembangunan ekowisata mangrove.
“Perkembangan keramba kepiting di tujuh desa Padang Tikar menunjukkan hasil baik. Yang terbaru ini kami membantu pembangunan keramba kepiting di Desa Tanjung Harapan,” katanya (7/1).
 
Dijelaskan Beni, sebelum keramba kepiting dibangun, pihak SAMPAN bersama pihak Desa Tanjung Harapan melakukan pembicaraan terlebih dahulu. Hasil dari komunikasi itu, pihak desa ingin pembangunan tak hanya tempat budidaya kepiting saja tapi ingin membuat ekowisata mangrove sekalian.
 
Untuk perkembangan ekowisata lanjut Beni, sudah dilakukan yaitu dengan membangun track ekowisata mangrove Desa Tanjung  Harapan tahap awal sepanjang 50 meter. Ke depan pembangunan akan dilanjutkan kembali dengan sinergi Pemerintah daerah.
 
Untuk budidaya kepiting di desa lainnya secara garis besar saat ini sudah penebaran bibit. Sejauh ini dalam budidaya kepiting inisiasi SAMPAN dan warga desa berjalan sesuai harapan. Tentu inginnya Beni, dari budidaya kepiting ini ke depan mampu menjadi penopang perekonomian baru bagi masyarakat desa Bentang Pesisir Padang Tikar.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.