Keramba Kepiting Seruat Dua Dibangun Wujudkan Central Penelitian Kepiting Bakau

KUBU RAYA-SAMPAN-Pembuatan keramba kepiting kembali dilakukan. Kali ini, SAMPAN Kalimantan mendampingi kelompok budidaya kepiting di Desa Seruat Dua. 
 
Pendamping SAMPAN Kalimantan Kabupaten Kubu Raya, Beni menjelaskan, kelompok budidaya kepiting Desa Seruat Dua, Kabupaten Kubu Raya baru menyelesaikan pembangunan keramba kepiting. “Sebelum pembangunan ini, kami juga sudah menyelesaikan 3 keramba kepiting, 2 bertempat di Desa Dabong dan Desa Sungai Nibung yang sudah jadi dan ditebar duluan,” ucapnya, Selasa (7/11).
 
Sebenarnya pembangunan keramba kepiting Desa Seruat Dua akan dilakukan sejak bulan lima. Namun karena waktu itu masyarakat masih fokus pertanian akhirnya pembuatan keramba baru bisa dilaksanakan sekarang.
 
Keramba kepiting ini sebagai salah satu demplot pengembangan budidaya pembesaran kepiting di bentang pesisir dabong tanjung bunga. Untuk bibit masih mengandalkan dari alam,  namun dalam konsepnya membesarkan dari size B menjadi A dengan masa pemeliharaan 1 bulanan dan padat tebar 600 ekor per keramba.
 
Sembari pembesaran kepiting dengan keramba, rencananya kelompok juga akan melakukan pembibitan kepiting dengan memanfaatkan hatchery yang terdapat di Desa dabong. Untuk bibit induk didapat dari kepiting yang di pelihara di keramba.
 
Tanggapan kelompok keramba kepiting akan hal ini tambah Beni, sangat antusias sekali. Apalagi melihat rekan kelompok kepiting di bentang pesisir padang tikar berhasil membuat pertumbuhan kepiting rerata naik 100 -200 gram dengan perlakuan pemberian pakan setiap hari dan kontrol rutin dari kelompok.
 
“Mereka berharap pemerintah Pusat,  provinsi,  dan kabupaten mendukung serta mensuport untuk pengembangan budidaya pembesaran kepiting di Kubu Raya” “Budidaya pembesaran kepiting ini juga  dalam upaya masyarakat mengelola hutan desa dan perlindungan ekosistem mangrove di desa mereka,” sambungnya.
 
Salah satunya menduniakan bentang pesisir padang tikar dan bentang pesisir dabong tanjung bunga ini menjadi central penelitian dan pengembangan budidaya kepiting bakau. Tahapan saat ini sedang berjalan yaitu pembangunan rumah kepiting (hatchery)  sebagai pusat suplai bibit bagi kelompok kepiting guna mendukung peningkatan produksi, sehingga target nantinya tidak hanya pasar lokal saja tetapi domestik dan internasional juga.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.