Kenalkan Hutan Mangrove  Tumuk Putih Dipatenkan Sebagai Desain Batik Khas Kubu Raya

KUBU RAYA-SAMPAN-Mangrove terlangka berjenis tumuk putih atau berus mata buaya dijadikan model desain batik. Menurut Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian Kubu Raya, Nora Sari Arani, mengatakan, dilekatkannya jenis tumuk putih ke desain baju batik bisa sebagai sarana promosi hutan mangrove yang ada di Kubu Raya.

“Untuk mempromosikan hutan mangrove di Kabupaten Kubu Raya, maka dibuatlah inovasi berupa pembuatan batik mangrove sebagai ciri khas dari potensi kekayaan daerah Kabupaten Kubu Raya. Batik menjadi warisan dunia yang perlu dilestarikan,” katanya belum lama ini.

Menurut Nora, batik mangrove menjadi ikon bagi masyarakat Kubu Raya yang dapat dipakai berbagai kalangan untuk mempromosikan Pantai Mangrove Tengkuyung sebagai destinasi objek wisata untuk masyarakat. Ia menyebut penjualan batik Kubu Raya dapat menambah pendapatan asli daerah karena hasil penjualannya akan langsung disetor ke kas daerah.

“Batik mangrove tumuk putih merupakan ikon Kubu Raya dalam mempromosikan mangrove di Pantai Tengkuyung sebagai track ekowisata bagi dunia dan masyarakat Provinsi Kalimantan Barat. Dengan memakai batik mangrove berarti sudah mengenalkan Kubu Raya ke dunia internasional,” katanya.

Dijadikannya tumuk putih sebagai ikon batik tak terlepas dari temuan tim identifikasi spesies mangrove Kubu Raya yang menemukan mangrove terlangka ini hidup di hutan mangrove Kubu Raya.

Tim menemukan mangrove tersebut di kawasan Desa Tanjung Harapan Kubu Raya. Menurut Nora, saat ini jenis mangrove yang terancam punah itu hanya terdapat di tiga negara dengan populasi hanya 203 pohon.  

Dijelaskan dia, Mangrove di Kabupaten Kubu Raya merupakan terluas ke dua di Indonesia dan salah satu terlengkap di Asia Tenggara. Jika jeli dan mampu mengelola potensinya, maka akan memberi banyak manfaat bagi ekosistem dan lingkungan. Tak hanya itu saja pengelolaan potensi hutan bakau bila dimaksimalkan akan banyak bermanfaat. Dari hasil alam bisa dibuat beragam produk turunan yang mensejahterakan rakyat. Pengenalan tumuk putihke batik merupakan salah satu upaya menggaungkan hutan mangrove di Kubu Raya.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.