Kembangkan Potensi Desa SAMPAN Serahkan Berkas Inovasi Desa ke DPMD

KAPUAS HULU-SAMPAN-Pengembangan budidaya kopi, madu, HHBK hingga hasil pertanian yang dilakukan SAMPAN Kalimantan di desa dampingan Kabupaten Kapuas Hulu menunjukkan hasil positif. Ingin terus berkembang, baru-baru ini SAMPAN kembali mengajukan pengembangan program inovasi desa ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kapuas Hulu.
 
“Penyerahan berkas program penyediaan jasa layanan teknis kepada DPMD Kapuas Hulu sebagai salah satu akses untuk program inovasi desa sudah kami lakukan,” ungkap pendamping SAMPAN Kalimantan, di Kapuas Hulu, Vincensius, Senin (30/7).
 
Dari pengajuan tersebut lanjut Vincen sapaannya, ada beberapa program diajukan SAMPAN.Yaitu program Pengembangan Budidaya Madu, Budidaya Kopi, HHBK, budidaya Pertanian Intensif, Pemetaan Partisipatif Masyarakat, Pengajuan Perhutanan Sosial (Hutan Desa),  pengembangan Ekowisata dan penyusunan PRJMDes.
 
Dipilihnya program tersebut sebagai ajuan ke DPMD Kapuas Hulu, dikarenakan program tersebut sudah berjalan dibeberapa desa dampingan SAMPAN. Progres hingga saat ini kata dia juga terlihat bagus dan semakin berkembang.
 
“Semua sudah berjalan dan kita anggap sebagai bagian dari keahlian SAMPAN. Jadi program itu yang siap kita dampingi bagi desa yang berminat,” ungkapnya.
 
Setelah berkas ini diserahkan, tinggal menunggu verifikasi dari petugas DPMD.  Pogram inovasi desa kata dia, merupakan program dari Pemerintah pusat dengan penyelenggaranya dinas yang ditunjuk di masing daerah.
 
Sebenarnya ada banyak potensi yang ditawarkan dan diminta oleh desa kepada Pemda untuk dikembangkan. Tapi dalam pengembangan dan perjalanan Program, masih diperlukan pendamping dan lembaga yang bisa membantu dalam penyediaan jasa layanan teknis. “SAMPAN mengajukan beberapa program yang bisa dilaksanakan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan desa pengaju,” tandasnya.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.