Jaga Kualitas  Masyarakat Melakukan Perawatan Rutin Tanaman Kopi

KAPUAS HULU-SAMPAN-Kelompok tani Desa Bahenap, Dusun Nanga Bahenap Kecamatan Kalis, Kapuas Hulu belum lama ini melakukan perawatan tanaman kopi di lahan yang telah ditanami kopi. Tujuan dari kegiatan itu untuk menjaga pertumbuhan tanaman kopi agar hasil tetap maksimal.
 
“Pembersihan kebun kopi merupakan salah satu bagian rutinitas dan aktivitas masyarakat Desa Bahenap. Itu dilakikan disela-sela kesibukan berladang dan membanguna PLTMH di dusun,” kata anggota SAMPAN Kalimantan, Vincensius.
 
Pemeliharaan perawatan tanaman kopi kata dia harus dilakukan berkelanjutan. Saat pengecekan dilakukan kemarin masyarakat sekaligus melihat tanaman kopinya. Hasilnya rerata bagus.
 
Salah satu masyarakat kelompok tanaman kopi, Robertus menjelaskan, kopi yang telah dibibit dan ditanam di sini umurnya kurang lebih setahun. Perawatan kata dia dilakukan berkelanjutan. Di kelompok ini, selain menanam kopi terkadang juga kerap melakukan diskusi dan sharing. “Utamanya terkait perawatan kopi yang baik,” jelasnya.
 
Dia memandang, tak maksimalnya perawatan kopi akan berdampak tumbuh kembangan tanaman kopi menjadi lamban. “Untuk kebun kopi di sini lumayan luas. Total bersama milk warga Bahenap bisa mencapai 4 hektare,” tutupnya.(ma)
 

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.