Jaga dan Kenalkan Tembawang Melalui Festival

 
KAPUAS HULU-SAMPAN-Panitia Festival Tembawang Desa Nanga Semangut, Wawan menjelaskan, tujuan kegiatan ini guna mengenalkan budaya masyarakat dalam menjaga alamnya yang sustainable. Selain itu kearifan lokal dapat terjaga dan silaturahmi, keharmonisan antar desa semakin lekat.
 
“Kami ingin mengenalkan budaya masyarakat dalam menjaga alamnya yang sustainable. Salah satunya mengenalkan produk hijau desa yang merupakan hasil pengelolaan tembawang masyarakat,” kata Wawan yang juga Anggota SAMPAN Kalimantan (15/10).
 
Dari kegiatan ini ia berharap, dapat terbangun jaringan pasar sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui industri rumah tangga di desa -desa peserta. Partisipasi 18 desa dalam Festival Tembawang juga menumbuhkan keharmonisan antar desa, mentranformasikan kearifan lokal pada generasi muda dan generasi selanjutnya dalam sistem pengelolaan berkelanjutan. “Potensi wisata tiap desa juga terpromosikan lewat kegiatan ini. Festival ini merupakan salah satu cara meningkatkan PAD desa dan kabupaten,” terangnya.
 
Lanjut Wawan menjelaskan, Tembawang sendiri merupakan istilah dalam penyebutan sebuah wilayah yang ditumbuhi oleh pepohonan, buah-buahan dan tumbuhan lain yang merupakan hasil proses perkembangan pemukiman dan budidaya sesuai sistem adat dan hukum adat yang memiliki manfaat ekonomi, ekologi, tradisi seni dan budaya tersebut.
 
Penyebutan tembawang oleh masyarakat juga beda-beda. Dayak Sub Dayak Urung Da’an menyebutnya dengan istilah Kolokap Buaa’ Tuo, Sub Dayak  Suru’ menyebut dengan istilah Temawakng, dan Sub Dayak Punan menyebut dengan istilah Lepu’un. Jadi tembawang merupakan indigenous agroforesty system masyarakat hukum adat dayak maupun Melayu yang menjadi sumber pangan dan pendapatan. Bagi konservasi, Tembawang berfungsi sebagai jaringan ekosistem yang menghubungkan kelestarian dan menjaga keanekaragaman hayati ekosistem daerah aliran sungai dan hutan alam.(ma)
 

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.