Hatchery Kepiting Medan Mas Diperkirakan 200 Ribu Bibit Persekali Produksi

 
PONTIANAK-SAMPAN-Perwakilan SAMPAN Kalimantan, Beni memperkirakan produksi bibit kepiting di instalasi pembenihan (hatchery) kepiting Desa Medan Mas Kabupaten Kubu Raya bila sudah berjalan, mampu menghasilkan dua ratus ribu ekor kepiting persekali produksi. 
 
“Harapan saya instalasi bibit kepiting yang dibangun di Desa Medan Mas nanti dapat menjadi centranya budidaya kepiting. Selain itu, disana juga menjadi pusat pelatihan bagi nelayan yang ingin mengembangkan budidaya kepiting,” ujar Beni, Jumat 24 Mei 2019.
 
Setelah instalasi budidaya kepiting berjalan, Beni memperkirakan bibit kepiting yang di produksi mampu mencapai dua ratus ribu. Meski demikian itu bukanlah angka pasti dikarenakan produksi bibit kepiting dari tiap indukan jumlahnya berbeda-beda. “Jumlah dua ratus ribu bibit kepiting itu mungkin bisa dihasilkan dalam waktu dua bulan ke depan,” ungkapnya.
 
Namun tak menutup kemungkinan indukan kepiting sudah bisa memproduksi benih dalam waktu sebulan. 
 
Setelah bibit kepiting dapat berproduksi, maka bisa dijual ke kawan-kawan kelompok budidaya kepiting di wilayahnya. Sisanya sekitar 10-15 persen akan disisihkan untuk pemeliharaan dan dilepas liarkan ke alam bebas begitu seterusnya. 
 
Dalam waktu dekat, SAMPAN bersama kelompok pengelola budidaya pembenihan bibit kepiting di Desa Medan Mas bakal melakukan penyusunan Standar Operasional Prosedur. Dalam SOP tersebut juga disusun perkiraan jumlah bibit kepiting yang dapat berproduksi setiap kali panen.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.